The Effectiveness of Problem-Based Learning on Learning Outcomes Students on Mathematics Subjects at SMP Negeri 17 Seluma

Authors

Keywords:

efektiveness, problem-based learning, learning outcomes.

Abstract

Matematika telah menjadi pelajaran yang ditakuti banyak siswa membuat banyak siswa memiliki nilai yang rendah pada mata pelajaran matematika dan cenderung mempunyai nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas problem based learing terhadap hasil belajar matematika di SMP Negeri 17 Seluma. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model penelitian quasi eksperimen tanpa adanya kelas kontrol. Penelitan ini menggunakan pre-test dan post-test. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 41 siswa. Terdapat perbedaan rata-rata sebelum dan sesudah problem-based learning diterapkan sebesar 24,87805. Perbedaan pada nilai lower dan upper pada nilai pre-test dan post-test sebesar 25,59154 dan perbedaan nilai tertinggi sebesar 24,16455. Hasil menemukan bahwa metode problem-based learning terbukti efektif dengan nilai signifikansi sebesar 0,05 yang berarti terbukti bahwa problem-based learning dapat meningkatkan efektivitas hasil belajar matematika di SMP Negeri 17 Seluma.

Downloads

Article ID

1386

Published

2024-08-30

Issue

Section

Articles