KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD AND PUZZLE ELEKTRONIKMUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV

Authors

  • Diah Retno Pitaloka Universitas Negeri Semarang Author
  • Desi Wulandari Universitas Negeri Semarang Author

Keywords:

Energi Alternatif, crossword and puzzle electronic, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media crossword and puzzle elektronik, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan pada materi energi alternatif kelas IV SDN 5 Karangjati Blora. Metode Penelitian yang digunakan adalah Research and development (R&D) Borg and Gall. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 5 Karangjati Blora. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kelayakan produk, analisis data awal, dan analisis data akhir (uji t dan uji N-gain). Hasil penelitian menunjukan bahwa media crossword and puzzle elektronik pada materi energi alternatif berhasil dikembangkan, layak digunakan, dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa, yang dinyatakan penilaian ahli media sebesar 100%, ahli materi 83% dan praktisi 87%. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung sebesar 10,850 dan ttabel  sebesar 2,015 maka Ha diterima, dengan diperoleh peningkatan rata-rata sebesar 0,567 dengan kategori sedang. Simpulan penelitian ini adalah media crossword and puzzle elektronik layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA kelas IV di sekolah dasar.

Downloads

Article ID

4056

Published

2022-06-30

How to Cite

KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD AND PUZZLE ELEKTRONIKMUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV. (2022). Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 13(1). https://journal.unnes.ac.id/journals/kreatif/article/view/4056