KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD AND PUZZLE ELEKTRONIKMUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV
Keywords:
Energi Alternatif, crossword and puzzle electronic, IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media crossword and puzzle elektronik, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan pada materi energi alternatif kelas IV SDN 5 Karangjati Blora. Metode Penelitian yang digunakan adalah Research and development (R&D) Borg and Gall. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 5 Karangjati Blora. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kelayakan produk, analisis data awal, dan analisis data akhir (uji t dan uji N-gain). Hasil penelitian menunjukan bahwa media crossword and puzzle elektronik pada materi energi alternatif berhasil dikembangkan, layak digunakan, dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa, yang dinyatakan penilaian ahli media sebesar 100%, ahli materi 83% dan praktisi 87%. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung sebesar 10,850 dan ttabel sebesar 2,015 maka Ha diterima, dengan diperoleh peningkatan rata-rata sebesar 0,567 dengan kategori sedang. Simpulan penelitian ini adalah media crossword and puzzle elektronik layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA kelas IV di sekolah dasar.