KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA
Keywords:
Bahasa Indonesia, Keterampilan Berbicara, Pembelajaran Kooperatif, Time TokenAbstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Gugus Ahmad Yani mengalami permasalahan dalam keterampilan berbicara. Salah satu faktor penyebabnya yaitu kurangnya model pembelajaran dalam menyampaikan materi keterampilan berbicara. Tujuan penelitian ini untuk menguji keefektifan model time token terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Gugus Ahmad Yani Kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gugus Ahmad Yani Kabupaten Batang dengan sampel penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kemiri 04 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas IV SDN Kemiri 06 sebagai kelas eksperimen. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung lebih besar dibandingkan ttabel (3,767 > 2,012) yang berarti model pembelajaran time token efektif terhadap keterampilan berbicara siswa. Hasil uji n-gain kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 0,38 dengan kategori sedang sedangkan kelas kontrol 0,29 dengan kategori rendah. Kelas eksperimen memperoleh rata – rata persentase keterampilan berbicara siswa sebesar 86,58% sedangkan kelas kontrol memperoleh persentase rata – rata keterampilan berbicara siswa sebesar 67,72%. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran time token efektif terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Gugus Ahmad Yani Kabupaten Batang.