KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA

Authors

  • Dwi Hardiyanti Universitas Negeri Semarang Author
  • Moh. Fathurrahman Universitas Negeri Semarang Author

Keywords:

Bahasa Indonesia, Keterampilan Berbicara, Pembelajaran Kooperatif, Time Token

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Gugus Ahmad Yani mengalami permasalahan dalam keterampilan berbicara. Salah satu faktor penyebabnya yaitu  kurangnya model pembelajaran dalam menyampaikan materi keterampilan berbicara. Tujuan penelitian ini untuk menguji keefektifan model time token terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Gugus Ahmad Yani Kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gugus Ahmad Yani Kabupaten Batang dengan sampel penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kemiri 04 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas IV SDN Kemiri 06 sebagai kelas eksperimen. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung lebih besar dibandingkan ttabel (3,767 > 2,012) yang berarti model pembelajaran time token efektif terhadap keterampilan berbicara siswa. Hasil uji n-gain kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 0,38 dengan kategori sedang sedangkan kelas kontrol 0,29 dengan kategori rendah. Kelas eksperimen memperoleh rata – rata persentase keterampilan berbicara siswa sebesar 86,58% sedangkan kelas kontrol memperoleh persentase rata – rata keterampilan berbicara siswa sebesar 67,72%.  Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran time token efektif terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Gugus Ahmad Yani Kabupaten Batang.

Downloads

Article ID

5152

Published

2024-05-20

How to Cite

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA. (2024). Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 13(1). https://journal.unnes.ac.id/journals/kreatif/article/view/5152