PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE BERBANTUAN ANDROID BERBASIS  KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS

Authors

  • Erlinda Novianawati Utami Universitas Negeri Semarang Author
  • Kurniana Bektiningsih Author

Keywords:

Media Pembelajaran, Puzzle berbantuan Android, Hasil Belajar IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan Media Pembelajaran Puzzle Berbantuan Android Berbasis  Kearifan Lokal untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD N Poncoharjo. Penelitian ini adalah kuantitatif jenis research and development (R&D). Subjek penelitian ini adalah guru kelas IVA 33 siswa Poncoharjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji kelayakan dan uji keefektifan media. Hasil uji kelayakan oleh ahli materi dan ahli media mendapatkan hasil 93,3% dan 100% dalam kriteria sangat layak. Hasil tanggapan guru dan siswa memperoleh hasil 95,8% dan 91% dalam kategori sangat layak. Hasil uji n-gain sebelum dan sesudah pembelajaran diperoleh hasil 0,58 dengan kriteria sedang, sehingga efektif digunakan untuk media pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah Media Pembelajaran Puzzle Berbantuan Android Berbasis  Kearifan Lokal dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPS.

Downloads

Article ID

5154

Published

2024-05-20

How to Cite

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE BERBANTUAN ANDROID BERBASIS  KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS. (2024). Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 13(1). https://journal.unnes.ac.id/journals/kreatif/article/view/5154