ANALISIS KERAGAMAN KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK DENGAN TARGET PEMENUHAN KURIKULUM MERDEKA DI KELAS V SDN NGALIYAN 02 SEMARANG
Keywords:
Keragaman Peserta Didik, Pemenuhan Kurikulum, Kurikulum MerdekaAbstract
Setiap peserta didik mempunyai pola pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda. Begitu pula pada proses pembelajaran di SDN Ngaliyan 02 Semarang, yang mempunyai profilling kerakteristik, gaya dan kebutuhan belajar yang berbeda- beda. Dengan adanya keragaman karakteristik peserta didik, mulai dari keragaman latar belakang, keragaaman kecerdasan hingga keragaman gaya belajar peserta didik, maka kegiatan pembelajaran harus dilaksanakan secara bervariasi serta berdiferensiasi dengan menyesuaikan kebutuhan belajar setiap peserta didik yang berbeda- beda. Dalam kegiatan pembelajaran, kurikulum harus tetap dijadikan acuan dan pedoman utama dalam proses kegiatan belajar mengajar. Guru berperan besar dalam menentukan materi dan bahan ajar untuk mencapai tujuan pendidikan dan pencapaian hasil kurikulum yang maksimal, namun dalam proses pelaksanaannya tetap harus menyesuaikan dengan kondisi peserta didik yang beragam.