HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN MOTORIK DENGAN AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI KELAS IV
Keywords:
Media Pembelajaran, Puzzle berbantuan Android, Hasil Belajar IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan kemampuan motorik dengan hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani siswa kelas IV SDN Gugus Anggrek Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis korelasi dengan rentang waktu penelitian mulai dari januari-juni 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Anggrek Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang berjumlah 144 siswa dengan sampel 105 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Variabel yang diteliti meliputi fasilitas belajar, kemampuan motorik dan hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, angket, obsrvasi, dan dokumentasi. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis data awal, dan analisis data akhir. Analisis data awal meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Analisis data akhir meliputi uji korelasi sederhana, uji korelasi ganda, uji F, dan uji koefisien determinasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan kemampuan motorik dengan hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani ditunjukkan dengan nilai rhitung sebesar 0,644 > rtabel sebesar 0,191 dan berkontribusi sebesar 41,5%. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan kemampuan motorik dengan hasil belajar muatan aktivitas kebugaran jasmani siswa kelas IV SDN Gugus Anggrek Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang.