PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK FLIPBOOK BERBASIS LITERASI SAINS PEMBELAJARAN IPA KELAS V

Authors

  • Irma Novtiana Universitas Negeri Semarang Author
  • Desi Wulandari Universitas Negeri Semarang Author

Keywords:

Bahan Ajar Elektronik, Flipbook, Pembelajaran IPA, Literasi Sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain, menguji kelayakan serta keefektifan bahan ajar elektronik flipbook berbasis literasi sains muatan pembelajaran IPA materi siklus air siswa kelas V SDN 1 Joho Banjarnegara. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang diadaptasi Sugiyono. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Joho Banjarnegara. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji kelayakan, analisis data awal dan analisis data akhir menggunakan Uji T dan N-Gain. Penilaian ahli media memperoleh skor 100% dan ahli materi memperoleh skor sebesar 86,36% dengan kriteria layak. Analisis hasil pretest dan posttest pada uji T memperoleh hasil thitung sebesar 15,657 dan ttabel sebesar 2,004, sedangkan pada uji N-gain diperoleh skor sebesar 0,502 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil tersebut, bahan ajar elektronik flipbook berbasis literasi sains layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran serta efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Article ID

5166

Published

2024-05-20

How to Cite

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK FLIPBOOK BERBASIS LITERASI SAINS PEMBELAJARAN IPA KELAS V. (2024). Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 13(2). https://journal.unnes.ac.id/journals/kreatif/article/view/5166