PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SDN PAITAN PURWOREJO
Keywords:
Media Big Book, IPS, Kearifan LokalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan menguji keefektifan media big book berbasis kearifan lokal pada muatan pelajaran IPS Kelas V SDN Paitan Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). Prosedur penelitian yang digunakan yaitu model Sugiyono yang mengadaptasi model pengembangan Borg & Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes melalui angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan persentase kelayakan oleh ahli media sebesar 98,6% dengan kriteria sangat layak, ahli materi sebesar 97,9% dengan kriteria sangat layak dan ahli bahasa sebesar 81% dengan kriteria sangat layak. Hasil belajar siswa menunjukkan adanya perbedaan signifikan dibuktikan dengan nilai sig. (2-failed) sebesar 0,000 < 0,050 pada uji t. Adapun N-Gain sebesar 0,641 menunjukkan kriteria sedang. Simpulan dari penelitian ini yaitu media big book berbasis kearifan lokal layak digunakan dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Saran untuk penelitian selanjutnya pengembangan media big book berbasis kearifan lokal dapat diterapkan pada muatan pelajaran yang lain dengan menyesuaikan gambar dan narasi cerita pada media big book dengan materi pelajaran.