KEEFEKTIFAN MODEL TPS BERBANTUAN VIDEO TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS III
Keywords:
Keterampilan Bercerita, Model TPS, VideoAbstract
Berdasarkan hasil observasi pra penelitian pada SD Gugus Mawardi Kabupaten Kendal kelas III, menunjukan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam keterampilan bercerita. Hal ini berdampak pada hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang rendah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi experimental. Prosedur penelitian menggunakan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SD Gugus Mawardi Kabupaten Kendal. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling dengan SDN 02 Kutoharjo sebagai kelas eksperimen dan SDN 03 Krajankulon sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, non tes; observasi; wawancara; dan dokumentasi. Hasil uji hipotesis menggunakan independent sample t-Test menunjukan bahwa nilai t_hitung (8,433) > t_tabel (1,989), sehingga Ha diterima. Rata-rata gain kelas kontrol lebih kecil dibandingkan kelas eksperimen (0,09 < 0,64). Berdasarkan analisis data indeks gain, peningkatan kelas eksperimen termasuk kategori sedang. Observasi aktivitas siswa menunjukan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 82% dibandingkan kelas kontrol yaitu 73%. Simpulan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran TPS efektif digunakan dalam keterampilan bercerita siswa kelas III SD Gugus Mawardi Kabupaten Kendal.