PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE BERBANTUAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA MAPEL IPS

Authors

  • Ratna Anggita Hestiana Universitas Negeri Semarang Author
  • Sigit Yulianto Universitas Negeri Semarang Author

Keywords:

Hasil Belajar IPS, Articulate Storyline, Model Picture and Picture

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Articulate Storyline, menguji kelayakan media dan menguji perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media. Jenis penelitian ini Research and Development. Prosedur penelitian ini menggunakan model Borg and Gall. Penentuan kelayakan media berdasarkan uji validasi ahli, uji skala kecil dan uji skala besar. Teknik pengumpulan data wawancara, dokumen, angket dan tes. Teknik analisis data meliputi analisis data awal dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukan penilaian dari ahli materi 93,68%, ahli media 98,47%, ahli praktisi 95,79% kriteria “sangat layak”. Hasil tanggapan guru dan peserta didik setelah menggunakan media 90% dan 94% kriteria “sangat layak”. Uji normalitas pada nilai pretest sig.  0,200 dan nilai posttest sig. 0,200. Uji normalitas pretest dan posttest menunjukkan dengan nilai probilitas 0,05 maka kelompok pretest dan postest berdistribusi normal. Uji t diperoleh t_hitung = 6,736 >t_tabel = 2,073, pada uji N-gain peningkatan rata-rata data pretest dan posttest  0,65 kriteria “sedang”. Simpulan penelitian ini yaitu Media Pembelajaran Articulate Storyline layak digunakan dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Saran dalam penelitian ini, Media Pembelajaran Articulate Storyline dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Downloads

Article ID

5170

Published

2024-05-20

How to Cite

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE BERBANTUAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA MAPEL IPS. (2024). Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 13(2). https://journal.unnes.ac.id/journals/kreatif/article/view/5170