HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Keywords:
Hasil Belajar Matematika, Motivasi Belajar, Bimbingan Orang TuaAbstract
Tujuan penelitian untuk menguji hubungan antara motivasi belajar dan bimbingan orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara penelitian ini berjumlah 155 siswa. Pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Teknik pengambilan sampel menggunakansimple random samplin sebanyak 105 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas. Sedangkan teknik analisis data dengan statistik deskriptif, analisis korelasi Product Moment, analisis korelasi ganda, uji signifikan, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dan bimbingan orang tua secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kabupaten Grobogan. Hal ini dibuktikan dengan data hasil penelitian bahwa rhitung > rtabel yaitu 0,753 > 0,195 pada taraf signifikansi 5%, hubungan variabel motivasi belajar dan bimbingan orang tua dengan hasil belajar matematika termasuk ke dalam kategori kuat dan bernilai positif serta berkontribusi sebesar 56,7% dengan hasil belajar matematika dan sisanya 43,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.