HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV

Authors

  • Yogi Ananda Putra Universitas Negeri Semarang Author
  • Moh. Fathurrahman Universitas Negeri Semarang Author

Keywords:

Motivasi Belajar, Hasil Belajar Matematika, Pola Asuh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara hubungan pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Gugus Cendrawasih Karanggondang Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Gugus Cendrawasih Karanggondang Kabupaten Jepara yang berjumlah 117 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis data awal dan analisis data akhir. Analisis data awal dilakukan menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas. Analisis data akhir meliputi analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang positif antara hubungan pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Gugus Cendrawasih Karanggondang Kabupaten Jepara, ditunjukkan dengan nilai rhitung sebesar 0,691 dan berkontribusi sebesar 47,8%. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Gugus Cendrawasih Karanggondang Kabupaten Jepara.

Downloads

Article ID

6946

Published

2024-06-11

How to Cite

HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV. (2024). Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 14(1), 9-16. https://journal.unnes.ac.id/journals/kreatif/article/view/6946