PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENERAPKAN LKPD BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA PESERTA DIDIK

Authors

  • Indra Nur Ikhsan Universitas Negeri Semarang Author
  • Aldina Eka Andriani Universitas Negeri Semarang Author

Keywords:

Penguasaan Konsep, Hasil Belajar, LKPD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep dan hasil belajar peserta didik. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melibatkan siklus tindakan berulang dimulai dari pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Salah satu kondisi ideal proses pembelajaran di kelas adalah adanya penguasaan konsep yang baik dan hasil belajar yang memuaskan. Namun, kenyataan yang terjadi di kelas II SDN Miroto Semarang saat ini menunjukkan bahwa penguasaan konsep dan hasil belajar peserta didik belum mencapai tingkat yang diharapkan. Kesenjangan antara kondisi ideal dan kenyataan ini menjadi masalah utama yang perlu diatasi dalam konteks pendidikan. Penelitian ini akan menerapkan LKPD berbasis problem solving. Pendekatan ini didasarkan pada kajian teori dan penelitian terkait yang menunjukkan bahwa metode ini efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep dan hasil belajar peserta didik. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan LKPD berbasis problem solving sangat efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep peserta didik di kelas II  SDN Miroto Semarang. Perubahan yang positif dari siklus ke siklus, baik dari segi persentase ketuntasan maupun rata-rata nilai, membuktikan bahwa tindakan perbaikan yang dilakukan selama penelitian berlangsung telah memberikan dampak yang signifikan.

Downloads

Article ID

6949

Published

2023-06-30

How to Cite

PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENERAPKAN LKPD BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA PESERTA DIDIK. (2023). Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 14(1), 17-22. https://journal.unnes.ac.id/journals/kreatif/article/view/6949