PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA CANVA PADA MATA PELAJARAN IPAS
Keywords:
Problem Based Learning (PBL), Media Canva, Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, IPAS Kelas VAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media canva pada mata pelajaran IPAS Kelas V SDN Pakintelan 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 1 pra-siklus dan 2 siklus, Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Canva dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diperoleh dari hasil belajar kognitif dan tes evaluasi kemampuan berpikir kritis memiliki presentasi ketuntasan peserta didik sebesar 31% untuk hasil belajar dan 25% untuk kemampuan berpikir kritis dari data prasiklus menjadi 50% untuk hasil belajar dan 31% untuk kemampuan berpikir kritis dari data siklus I dan meningkat 81% untuk hasil belajar dan 81,25 untuk kemampuan berpikir kritis pada siklus II. Sedangkan nilai rata-rata peserta didik sebesar 55 untuk data hasil belajar dan 40,75 untuk kemampuan berpikir kritis dari data prasiklus menjadi 65 untuk hasil belajar dan 50,75 untuk kemampuan berpikir kritis dari data siklus I, kemudian dilanjutkan perlakuan di siklus II dikarenakan masih terdapat 8 peserta didik yang nilainya masih di bawah KKTP Mata Pelajaran IPAS Kelas V, dalam siklus II meningkat dan mendapat nilai rata-rata 86,25 untuk hasil belajar dan 75,25 untuk kemampuan berpikir kritis peserta didik.