PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS V

Authors

  • Oktavera Riri Kanastren Universitas Negeri Semarang Author
  • Aldina Eka Andriani Universitas Negeri Semarang Author

Keywords:

PBL, HOTS, PTK

Abstract

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang penting sebab dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan mempelajari PPKn, seseorang sadar ada hal yang bisa dia lakukan dan hal yang tidak bisa dilakukan sebab terbatas oleh kemerdekaan orang lain. Namun, ternyata hasil belajar peserta didik pada materi tersebut, berdasarkan pengamatan pendahuluan, masih rendah atau dibawah KKM 75. Situasi ini dapat dijumpai pada peserta didik kelas V, SD Jatingaleh 02. Oleh karena itu, peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas pada 22 orang siswa kelas V SDN Jatingaleh 02 dengan menerapkan Problem Based Learningberbantuan Quizizz paper mode untuk meningkatkan hasil belajar PPKN. Penelitian ini berlangsung mulai dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Instrumen penelitian untuk mengumpulkan data berupa test dan non-test. Hasil tes yang diperoleh kemudian dihitung menggunakan rumus rata-rata klasikal dan ketuntasan individual. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata klasikal dan ketuntasan belajar para peserta didik kelas V, mulai dari pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menyarankan agar guru menggunakan Problem Based Learningberbantuan Quizizz untuk meningkatkan hasil belajar PPKn para peserta didik. Bagi para peserta didik, peneliti menyarankan untuk lebih berani tampil dan berpartisipasi selama pembelajaran. 

Downloads

Article ID

6958

Published

2024-06-11

How to Cite

PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS V. (2024). Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 14(1), 32-46. https://journal.unnes.ac.id/journals/kreatif/article/view/6958