PENGEMBANGAN PENILAIAN PEMBELAJARAN BERBASIS QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Authors

  • Dian Kurnia Permatasari Universitas Negeri Semarang Author
  • Sigit Yulianto Universitas Negeri Semarang Author

Keywords:

Pembelajaran, IPA, QUIZIZZ

Abstract

Berdasarkan data hasil pra penelitian siswa kelas V SDN Rejoagung 01 Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati, menunjukkan bahwa pembelajaran IPA belum maksimal. Hal ini dipengaruhi oleh kurangnya minat serta motivasi siswa dalam mengerjakan penilaian pembelajaran dan penilaian pembelajaran yang digunakan kurang menarik dan inovatif yang menjadikan siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar menjadi rendah. Dengan demikian, perlu dikembangkan penilaian pembelajaran yang lebih menarik dan inovatif yaitu penilaian pembelajaran berbasis quizizz pada muatan pelajaran IPA. Penelitian bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kelayakan dan keefektifan penilaian pembelajaran berbasis quizizz pada muatan pelajaran IPA materi siklus air. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian yaitu Research and Development (R&D). Prosedur penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan menurut Borg & Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Subjek Penelitiannya adalah 29 siswa kelas V
SDN Rejoagung 01 Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penilaian pembelajaran berbasis quizizz memenuhi karakteristik yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru; (2)
berdasarkan hasil validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 91% dengan kategori sangat layak dan hasil validasi oleh ahli materi dengan persentase sebesar 86% dengan kategori sangat layak; (3) hasil uji perbedaan rata-rata (uji t) diperoleh thitung > ttabel yaitu 11,06 > 2,31, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,782 dengan kriteria tinggi. Simpulan penelitian ini adalah penilaian pembelajaran berbasis quizizz layak digunakan
sebagai penilaian pembelajaran pada muatan pelajaran IPA materi siklus air. Saran dalam penelitian ini untuk guru sebaiknya mengoptimalkan dan mengembangkan penilaian pembelajaran yang lebih bervariatif untuk
menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Article ID

7698

Published

2024-06-20

How to Cite

PENGEMBANGAN PENILAIAN PEMBELAJARAN BERBASIS QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. (2024). Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 14(2), 58-66. https://journal.unnes.ac.id/journals/kreatif/article/view/7698