HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS KELAS V

Authors

  • Vita Utari Universitas Negeri Semarang Author
  • Dewi Nilam Tyas Universitas Negeri Semarang Author

Keywords:

Kemandirian Belajar, Minat Baca, Literasi Baca Tulis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dengan kemampuanliterasi baca tulis, hubungan antara minat baca dengan kemampuan literasi baca tulis, serta hubungan antarakemandirian belajar dan minat baca terhadap kemampuan literasi baca tulis. Penelitian ini menggunakan jenispenelitian kuantitatif korelasi yang dilakukan di SD Negeri yang ada di Gugus Kartini Kecamatan Blora. Jumlahpopulasi 150 siswa dan sampel yang digunakan berjumlah 110 siswa dengan teknik probability sampling denganjenis proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes tertulisAngket yang digunakan yaitu angket kemandirian dan angket minat baca sedangkan tes tertulis untuk kemampuanliterasi baca tulis. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, analisis data awal yang meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas, dan analisis data akhir yang meliputi uji korelasi sederhana, uji t, uji korelasi ganda, dan uji F. Hasil dari penelitiannya yaitu: (1) terdapat hubungan yang positif antara kemandirianbelajar dengan kemampuan literasi baca tulis dengan nilai sig. 0,044 dan t hitung 2,013 > t tabel 1,982; (2) terdapat hubungan yang positif antara minat baca dengan kemampuan literasi baca tulis dengan nilai sig. 0,016 dan nilai thitung 2,546 > t tabel 1,982; (3) terdapat hubungan yang positif antara kemandirian belajar dan minat baca terhadap kemampuan literasi baca tulis dengan nilai F hitung 3,214 > F tabel 3,08. 
 

Downloads

Article ID

7699

Published

2024-06-20

How to Cite

HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS KELAS V. (2024). Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 14(2), 67-75. https://journal.unnes.ac.id/journals/kreatif/article/view/7699