PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSOFT SWAY MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V

Authors

  • Yuyun Sri Lestari Universitas Negeri Semarang Author
  • Fitira Dwi Prasetyaningtyas Universitas Negeri Semarang Author

Keywords:

Media Pembelajaran, Microsoft Sway, Hasil Belajar IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media pembelajaran berbasis microsoft sway pada pembelajaran IPS materi karakteristik geografis Indonesia di kelas V SDN
Banjarsari 1 Kabupaten Demak. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall dengan 9 tahap yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data;
(3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media dikembangkan dengan aplikasi microsoft sway berdasarkan model penelitian Borg & Gall; uji kelayakan oleh ahli materi dan media masing-masing memperoleh penilaian 91,6% dan 100% (sangat layak); uji keefektifan ditunjukkan dengan hasil uji t dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,050 dengan N-Gain sebesar 0,65 (sedang). Sehingga dapat disimpulkan bahwa telah berhasil dikembangkan media pembelajaran berbasis microsoft sway materi karakteristik geografis Indonesia yang sangat layak dan efektif digunakan upaya meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas V SDN Banjarsari 1 Kabupaten Demak. Peneliti menyarankan kepada guru untuk dapat menggunakan media pembelajaran berbasis microsoft sway dalam pembelajaran lainnya. 
 

Downloads

Article ID

7701

Published

2024-06-20

How to Cite

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSOFT SWAY MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V. (2024). Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 14(2), 84-92. https://journal.unnes.ac.id/journals/kreatif/article/view/7701