PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN MELALUI PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA DIORAMA PESERTA DIDIK KELAS V-A SDN MIROTO KOTA SEMARANG
Keywords:
Hasil belajar, Keaktifan, Project Based Learning (PBL), Media DioramaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar dan keaktifan melalui penerapan Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Diorama pada mata pelajaran IPAS peserta didik di kelas V-A SDN Miroto Kota Semarang. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Miroto Kota Semarang dengan jumlah subjek 28 orang peserta didik dan seorang guru sebagai peneliti. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang digunakan diperoleh dari tindakan yang dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar peserta didik pada siklus 1 meningkat dengan terbukti adanya nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I sebesar 76,78 dengan predikat cukup serta perolehan persentase ketuntasan pun meningkat dengan memperoleh persentase sebesar 64,29% dan Begitu pula pada siklus II, nilai rata-rata dan persentase ketuntasan pun mengalami peningkatan, yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 85,35 dengan predikan baik, serta perolehan persentase ketuntasan pun meningkat yang memperoleh persentase sebesar 89,29% dengan predikat sangat tinggi. Sedangkan pada keaktifan peserta didik pun mengalami peningkatan pada siklus I memperoleh rata-rata keaktifan peserta didik sebesar 13 dengan tingkat keaktifan klasikal aktif. Pada siklus II, rata-rata keaktifan peserta didik meningkat sebesar 18 dengan tingkat keaktifan klasikal sangat aktif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dikelas V-A dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Diorama dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik kelas V-A SDN Miroto Kota Semarang. Oleh karena itu, disarankan untuk menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Diorama sebagai salah satu model pembelajaran alternatif dalam melaksanakan pembelajaran.