PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF  SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTU MEDIA KIT GAYA PADA MATERI IPA KELAS IV SD PAKINTELAN 02 SEMARANG

Authors

  • Aliya Rahmawati Universitas Negeri Semarang Author
  • Barokah Isdaryanti Universitas Negeri Semarang Author
  • Enggal Prasetya Universitas Negeri Semarang Author

Keywords:

Kreativitas Belajar, Problem Based Learning, Media Kit Gaya

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDN Pakintelan 02 khususnya dalam Pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan perbaikan dalam pembelajaran khususnya dalam hal kreativitas dan hasil belajar melalui model problem based learning (PBL) berbantuan media kit gaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah model spiral dimana dilakukan 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data  menggunakan teknik tes dan non tes. Instrument tes berupa soal prasiklus dan non tes berupa lembar obsevasi untuk mengukur tingkat kreativitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa penerapan model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa yang diperoleh dari hasil prasiklus dengan persentase ketuntasan klasikal siswa sebesar 20% menjadi 60% dari data siklus I dan meningkat menjadi 90% dari data siklus II. Dilihat dari rata-rata skor kreativitas siswa pada siklus 1 mencapai 68 yang berarti belum mencapai nilai KKM, kemudian dilanjutkan perlakuan     siklus II dan mendapatkan nilai rata-rata 86,75. maka terjadi peningkatan kreatifitas dan hasil belajar kognitif siswa dari siklus 1 ke siklus II sebesar 18,75. Dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPA dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa.

Downloads

Article ID

8562

Published

2024-07-01

How to Cite

PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF  SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTU MEDIA KIT GAYA PADA MATERI IPA KELAS IV SD PAKINTELAN 02 SEMARANG. (2024). Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 15(1), 22-28. https://journal.unnes.ac.id/journals/kreatif/article/view/8562