PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MEDIA DIORAMA 3D UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI JATINGALEH 02 SEMARANG
Keywords:
Berpikir Kreatif, Project Based Learning, Media Diorama 3DAbstract
Kemampuan berpikir kreatif perlu dikembangkan dan dilatih maka diperlukan lingkungan yang mendukung dan proses pembelajaran yang memberikan ruang untuk mengembangkan minat, bakat, dan ekpresi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik muatan pelajaran IPS kelas V SD Negeri jatingaleh 02 Semarang dengan model Project Based Learning berbantuan media diorama 3D. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Jatingaleh 02 Semarang yang berjumlah 22 peserta didik dan subyek pelaku tindakan adalah peneliti sekaligus sebagai guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, lembar kerja peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) yang terdiri dari 2 siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning berbantuan media diorama 3D dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dari pra siklus hingga siklus I sebesar 18% dan kenaikan presentase dari siklus I-siklus II sebesar 23%. Adapun perolehan ketuntasan hasil belajar muatan IPS dari tahap pra siklus hingga siklus I sebesar 14% dan kenaikan presentase dari siklus I- siklus II sebesar 18%.