Character Education and Poster Making as Efforts to Prevent Bullying at Tahfidh Yanbu'ul Qur'an 5 Middle School Tegal
DOI:
https://doi.org/10.15294/lsr.v4i1.12804Keywords:
Bullying, Pendidikan Karakter, Kreativitas SiswaAbstract
Bullying yang terjadi di lingkungan sekolah menjadi fenomena “gunung es”, kasus yang terungkap hanya sebagian kecil dibanding yang terjadi karena tidak mudah bagi korban untuk mengungkapkan apa yang dialaminya. SMP Tahfidh Yanbu’ul Qur’an 5 Tegal merupakan salah satu bentuk sekolah yang terintegrasi dengan pondok pesantren sehingga siswa dituntut harus mandiri. Permasalahan yang dihadapi oleh para siswa maupun pihak sekolah, pertama, bahwa siswa dituntut dapat menyelesaikan apapun yang membuatnya tidak nyaman secara pribadi dan mandiri karena jauh dari orangtua. Kedua, beberapa siswa mengalami kendala dalam mengungkapkan apa yang dirasakannya sehingga menimbulkan ketidaknyamanan yang berdampak pada proses pembelajaran di sekolah. Ketiga, siswa yang masih remaja mengalami degradasi kepercayaan diri dan kebingungan. Sehingga dibutuhkan solusi berupa penguatan psikologi, konsultasi hukum, bimbingan konseling secara terstruktur, dan pembentukan pendidikan karakter bagi siswa. Tujuan pengabdian ini untuk penguatan pendidikan karakter, pendidikan hukum, pendampingan psikologi, dan pengembangan kreativitas bagi siswa. Metode pelaksanaan yang digunakan yaitu dengan mekaksanakan sosialisasi hukum tentang bullying, pemberian pendidikan karakter bagi peserta didik, pendampingan konseling psikologi bagi korban dan pelaku bullying, dan pembuatan poster. Hasil pengabdian diharapkan para siswa SMP Tahfidh Yanbu’ul Qur’an 5 Tegal mulai menyadari dan menghentikan segala bentuk perilaku bullying atau perundungan yang ada di lingkungan sekolah.





