Konten Place to go pada Platform TikTok sebagai Pendorong Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Kota Semarang

Authors

  • Dina Puspa Ringga Author
  • Thriwaty Arsal Author

Keywords:

Consumptive Behavior, Place to go content, TikTok Platform

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya konten place to go yang sedang viral di TikTok. Konten place to go artinya pergi ke suatu tempat, konten ini mereview tempat-tempat menarik untuk dikunjungi, seperti coffee shop, restoran, tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan tempat hiburan lainnya, dikemas dengan visual menarik narasi yang persuasif, sehingga dapat mendorong audience untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut. Penelitian bertujuan untuk mengetahui latar belakang konten place to go di TikTok sebagai pendorong perilaku konsumtif pada mahasiswa di Kota Semarang dan mengetahui bentuk perilaku konsumtif akibat konten place to go pada mahasiswa di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dianalisis menggunakan teori konsumsi Baudrillard yang membahas mengenai konsep simulacra dan hipperrealitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Latar belakang konten place to go sebagai pendorong perilaku konsumtif yaitu (a) Visual, (b) Fitur interaktif, dan (c) Algoritma konten. 2) Bentuk-bentuk perilaku konsumtif akibat konten place to go di TikTok yang dilakukan mahasiswa di Kota Semarang adalah (a) Perubahan frekuensi pengunjung, (b) FOMO (Fear of Missing Out), (c) Mengunjungi tempat bukan karena kebutuhan, dan (d) Perubahan pola pengeluaran. Hal-hal yang membuat mahasiswa dapat tertarik pada konten place to go menunjukan adanya hipperrealitas yang dihasilkan oleh simulacra. Dari adanya hal tersebut yang akhirnya membuat mahasiswa mengkonsumsi suatu tanda atau citra yang melekat tapi bukan karena kebutuhan atau kegunaannya.

Downloads

Article ID

17653

Published

2024-12-14

Issue

Section

Articles