Peran UKM REMO (Rebana Modern) UNNES  dalam Membangun Kesadaran Keagamaan Mahasiswa melalui Gerakan Cinta Sholawat

Authors

  • Siswandi Author
  • Moh. Yasir Alimi Author

Keywords:

Role, UKM REMO, religious awareness

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah penyimpangan yang semakin marak terjadi di kalangan mahasiswa karena kurangnya kesadaran keagamaan mahasiswa. Keberadaan UKM REMO memiliki peran penting dalam membangun kesadaran keagamaan mahasiswa melalui gerakan cinta sholawat. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan gerakan cinta sholawat yang diadakan UKM REMO UNNES, dampak kegiatan gerakan cinta sholawat, serta faktor pendukung dan penghambat UKM REMO UNNES dalam membangun kesadaran keagamaan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dianalisis menggunakan teori Religiusitas Glock dan Stark. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) UKM REMO UNNES mengadakan berbagai kegiatan menarik dalam membangun kesadaran keagamaan mahasiswa, antara lain; UNNES Besholawat, “Cinta Indonesia Cinta Sholawat” (CICS) Festival, Maulid Road To Faculty (MRTF) dan Kajian Kitab “Matan Ghayah Wat Taqrib”, Maulid Goes To Village (MGTV), Rutinan Maulid Malam Jum’at, Majelis Nisa Al-Madinah dan Kajian Kitab “Safinnatunnajah”, (2) Dampak kegiatan gerakan cinta sholawat UKM REMO UNNES terhadap kesadaran keagamaan mahasiswa, antara lain; membangun jiwa religi, merasakan ketentraman, menambah rasa cinta pada sholawat dan rosulullah, menambah rasa semangat dalam ibadah, (3) Faktor pendukung UKM REMO UNNES dalam membangun kesadaran keagamaan mahasiswa antara lain; kedekatan dengan ulama-ulama sekitar UNNES, dukungan dari pembina, media sosial, dan dukungan kampus. Adapun faktor penghambat UKM REMO UNNES dalam membangun kesadaran keagamaan mahasiswa antara lain; perkembangan zaman, mahasiswa kurang minat pada kegiatan religi, kegiatan UKM lain, dan internal UKM REMO.

Downloads

Published

2024-12-14

Article ID

17654

Issue

Section

Articles