IMPLEMENTASI DISCOVERY LEARNING, PENGEMBANGAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII PEMBELAJARAN IPS SMP NEGERI 21 SEMARANG

Authors

  • Alfifi Ayu Romadhona Alfifi Universitas Negeri Semarang Author
  • Arif Purnomo Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/sosiolium.v8i2.1265

Keywords:

Discovery Learning, Critical Thinking, Reflection

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 21 Semarang, untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran discovery learning kelas VIII pada di SMP Negeri 21 Semarang dan untuk mengetahui refleksi guru terkait penggunaan model pembelajaran discovery learning dan pengembangan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 21 Semarang Penelitian ini menggunakan metode kualitataif fenomenologi. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara bersama guru IPS, siswa kelas VIII dan guru bidang kurikulum. Selain itu, sumber data juga diperoleh dari studi dokumen yaitu RPP, media pembelajaran, sarana dan prasarana, dokumentasi foto informan dan atau responden, kegiatan pembelajaran, keadaan sumber, serta lokasi penelitian. Implementasi model pembelajaran discovery learning pada pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 21 Semarang mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, kondusif dan juga siswa mampu memenuhi semua indikator berpikir kritis. Pelaksanaan refleksi di akhir pembelajaran IPS dengan mengimplementasikan model pembelajaran discovery learning pada kelas VIII di SMP Negeri 21 Semarang dapat membantu mencapai tujuan pembelajaran dan membantu guru menjalankan perannya secagai fasilitator dalam pembelajaran.

 

The purpose of this research is to determine the implementation of the discovery learning learning model in social studies learning class VIII at SMP Negeri 21 Semarang, to determine students' critical thinking abilities in the social studies learning process using the discovery learning learning model for class VIII at SMP Negeri 21 Semarang and to find out the teacher's reflections regarding use of discovery learning models and development of critical thinking skills in social studies learning at SMP Negeri 21 Semarang. This research uses qualitative phenomenological methods. Data sources were obtained from interviews with social studies teachers, class VIII students and curriculum teachers. Apart from that, data sources were also obtained from document studies.. The implementation of the discovery learning learning model in class VIII social studies at SMP Negeri 21 Semarang is able to create active, conducive learning and students are able to meet all indicators of critical thinking. Implementing reflection at the end of social studies learning by implementing the discovery learning learning model in class VIII at SMP Negeri 21 Semarang can help achieve learning objectives and help teachers carry out their role as facilitators in learning.

References

Gazali, Rahmita Yuliana. 2016. “Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori PYTHAGORAS: Matematika 11(2): 182. belajar Jurnal ausubel.” Pendidikan

Hanim, Nafisah. 2020. “ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MTsN SABANG IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING.” Lantanida Journal 7(2): 171.

Jayanti, Noor S Agus, dan Achmadi. 2018. “Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Ips Siswa.”

Ridwan, Siti Luthfah. 2021. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning.” Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar 5(3): 637–56.

Salmi, Salmi. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas Xii Ips.2 Sma Negeri 13 Palembang.” Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi 6(1): 1–16.

Sari, Wann Nurdiana. 2021. “Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS Wann.” Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora 1(1): 10-14.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2018). Metoode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Supanti. 2019. “Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Ixg Smp Negeri 1 Surakarta Tahun 2017/2018.” Historika 22(1): 59–70.

Widianto, Hari. 2017. “Pengaruh Pembelajaran Ips Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Dinamika Interaksi Manusia Dengan Lingkungan Kelas VII Semeser Genap SMP Muhammadiyah 12 Gresik.” The Indonesian Journal of Social Studies 1(1): 32.

Downloads

Published

2025-10-30

Article ID

1265

Issue

Section

Articles