PENGARUH PjBL DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS VII SMPN 1 TUNTANG
DOI:
https://doi.org/10.15294/sosiolium.v6i2.1328Keywords:
Project Based Learning; Prosocial Behavior; Social StudiesAbstract
Perilaku prososial merupakan tindakan sukarela berupa pemberian manfaat sehingga orang penerima merasa lebih sejahtera. Masa remaja merupakan tahap perkembangan yang penting untuk memberikan bekal bersosialisasi di masyarakat termasuk dalam berperilaku prososial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran PjBL dalam pembelajaran IPS terhadap perilaku prososial siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tuntang. Jenis penelitian yaitu kuasi eksperimen dengan desain non equivalent control group. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VII SMPN 1 Tuntang tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Analisis penelitian dilakukan dalam dua hal yaitu analisis intrumen dan analisis data penelitian menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas, uji linier regresi sederhana dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis diperoleh 0.000 < 0.05, dengan pengaruh sebesar 48,3%. Hasil penelitian menunjukan penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) berpengaruh terhadap perilaku prososial siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tuntang.
Prosocial behavior is a voluntary action by providing benefits in the form of help so that the person being helped feels more prosperous. This research aims to determine the effect of using the project based learning (PjBL) learning model in social studies learning on the prosocial behavior of class VII students at SMP Negeri 1 Tuntang. This research is a quasi-experimental type research with a non-equivalent control group design. The population of this study was all class VII students of SMP Negeri 1 Tuntang for the 2022/2023 academic year, sampling was carried out using a cluster random sampling technique. Data collection techniques are carried out by filling out questionnaires and documentation. Research analysis was carried out in two ways, namely instrument and research data analysis using normality tests, homogeneity tests, linearity tests, simple linear regression tests and hypothesis tests. The hypothesis test results obtained were 0.000 < 0.05, with an influence of 48.3%. The results of the research show that the application of the project based learning (PjBL) learning model has an effect on the prosocial behavior of class VII students at SMP Negeri 1 Tuntang.

