PENGARUH ORANG TUA TERHADAP PERSEPSI SISWA TENTANG PENDIDIKAN TINGGI (STUDI FENOMENOLOGI DI DESA KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK)
DOI:
https://doi.org/10.15294/sosiolium.v7i1.19937Keywords:
Persepsi Siswa, Pengaruh Orang Tua, Motivasi Belajar, Pendidikan TinggiAbstract
Penelitian ini di buat dengan tujuan untuk mengkaji hubungan antara siswa dan orang tua serta menganalisis persepsi siswa dan orang tua di Desa Karanganyar, Demak. Penelitian ini menggunakan Teori Interaksionalisme Simbolik milik George Herbert Mead. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menerapkan pendekatan kualitatif fenomenologis. Data penelitian ini yaitu melalui wawancara semi struktur dengan informan utama yaitu beberapa pasang siswa dan orang tua. Fokus penelitian ini adalah eksplorasi hubungan interpersonal antara siswa dan orang tua dalam membentuk motivasi untuk melanjutkan pendidikan tinggi, serta kajian mendalam terhadap persepsi dan pola pikir kedua pihak terhadap nilai dan relevansi pendidikan tinggi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa meskipun faktor sosial ekonomi sering kali menjadi kendala utama dalam melanjutkan pendidikan tinggi, peran orang tua yang mendukung, memberi harapan, dan memberikan contoh nyata sangat berpengaruh dalam memotivasi siswa. Dukungan moral dan nasihat dari orang tua menjadi pendorong utama bagi siswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi, sementara faktor sosial ekonomi dan pandangan keluarga tentang pendidikan tinggi juga berperan penting dalam keputusan tersebut.
This research was conducted with the aim of examining the relationship between students and parents and analyzing the perceptions of students and parents in Karanganyar Village, Demak. This research uses George Herbert Mead's Symbolic Interactionalism Theory. This research method uses a qualitative research method by applying a qualitative phenomenological approach. The data for this research is through semi-structured interviews with the main informants, namely several pairs of students and parents. The focus of this research is an exploration of interpersonal relationships between students and parents in forming motivation to continue higher education, as well as an in-depth study of the perceptions and mindsets of both parties regarding the value and
relevance of higher education. The results of this research show that although socio-economic factors are often the main obstacle in continuing higher education, the role of parents who support, give hope and provide real examples is very influential in motivating students. Moral support and advice from parents are the main drivers for students to pursue higher education, while socio-economic factors and family views about higher education also play an important role in the decision.
References
Ahmadi, D. (2008). Interaksi simbolik: Suatu pengantar. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(2), 301-316.
Agustniatih A., & Manopa. J. M. (2019). Keterampilan Sosial anak usia dini: teori dan metode pengembangan. EduPubliser.
Ali, M., & Rahman, F. (2021). Economic Factors Influencing Educational Decisions in Rural Areas. Development. Journal of Educational
Ananta, A., Brantasari, M., Anggraeni, A., & Warman, W. (2024). Pendidikan, Kesehatan, dan Ekonomi: Pilar-Pilar Kesejahteraan Keluarga di Kalimantan Timur. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(2), 128-135.
Anderson, R. (2021). Family Influence on Educational Participation in Rural Areas. Education and Society Journal.
Anisha, D. (2024). Memahami Dampak Faktor Sosial Ekonomi terhadap Pemerataan Pendidikan dan Keberhasilan Siswa. EDUCARE: Jurnal Pendidikan dan Kesehatan, 1(2), 57-62.
Asrul, & Aminah. (2020). "Peran Dukungan Orang Tua terhadap Pencapaian Akademik Siswa di Sekolah Menengah Atas." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 17(1), 5261. DOI: 10.1234/jpp.v17i1.1234.
BPS Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak Dalam Rangka 2023.
Budi, S., & Sari, D. (2022). Breaking the Cycle of Poverty: The Role of Higher Education in Economic Growth. International Journal of Educational Research.
Buyung, B., Charles, C., Afrinaldi, A., & Wati, S. (2022). Persepsi Orang Tua Tentang Pentingnya Pendidikan Tinggi Bagi Anaknya Di Dusun V Desa Batang Tumu Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir. KOLONI, 1(2), 124-134.
Chang, H. (2020). The Role of Parental Support in Educational Attainment in Rural Settings. Journal of Family Issues.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Eccles, J. S. (2005). Influences of parents' education on their children's educational attainments: The role of parent and child perceptions. London review of education, 3(3), 191-204.
Edo, A., & Yasin, M. (2024). Dampak Kesenjangan Akses Pendidikan dan Faktor Ekonomi Keluarga terhadap Mobilitas Sosial. JURNAL ILMU PENDIDIKAN & SOSIAL (SINOVA), 2(3), 317-326.
Endayani, R. (2017). The Role of Parents in Educational Choices: A Study in Rural Communities. Journal of Community Education.
Farida, N., & Andalas, E. F. (2019). Representasi kesenjangan sosial-ekonomi masyarakat pesisir dengan perkotaan dalam Novel Gadis Pantai karya Pramodya Ananta Toer. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1), 74-90.
Goffman, E. (1959). The Presentation of Self in Everyday Life. Anchor Books.
Hadi, S. (1986). Metodologi Research: Untuk penulisan paper, skripsi, thesis dan disertasi. Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM.
Hao, L., Peng, MYP, Yang, M., & Chen, C.-C. (2020). Menggali Pengaruh Motivasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Perguruan Tinggi Dengan Menggunakan Teori Penentuan Nasib Sendiri.
Hasna, U. L., Indriayu, M., & Sudarno, S. (2023). Pengaruh Persepsi Pendapatan Orang Tua Terhadap Minat Siswa SMA Melanjutkan Perguruan Tinggi Pada Sekolah Swasta Kecamatan Sukoharjo. Journal on Education, 6(1), 6736-6745.
Hayani, N., Ifnaldi, I., & Septiana, A. (2022). Pengaruh Pola Pikir Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp (Desa Sebrang Musi Kab. Kepahiang) (Doctoral dissertation, IAIN Curup).
Hayun, S. (2019). Persepsi Masyarakat Tentang Pentingnya Pendidikan Formal (Studi Kasus Di Desa Pilowo Kecamatan Morotai Selatan Kabupaten Pulau Morotai). JMP Online, 3(8), 1092-1104.
Hendri, H. (2019). Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Konsep Diri Pada Anak. At-Taujih: Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 56-71.
Hendrizal, H., Joni, M., Hijrat, K., Wandi, J. I., & Afnita, N. (2024). Pendidikan sebagai Investasi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat. El-Kahfi Journal of Islamic Economics, 5(01), 81–90.
Hidayati, N., & Prasetyo, B. (2023). Path Higher Education and Community Participation: A to International Development. Sustainable Journal of Development. Community
Hukama, A. F. (2017). Persepsi Masyarakat Pedesaan Terhadap Pendidikan Tinggi (Studi Analisis Teori George Herbert
Mead). J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 4(1), 1-13.
Indrajit, R. E., & Djokopranoto, R. (2006). Manajemen perguruan tinggi modern (Vol. 1).
Andi. Iskandar, M., et al. (2022). Ambivalence toward Higher Education: The Case of Rural Students. Educational Review, 67(1), 42-58.
Iskandar, M. (2022). Innovations in Agriculture: The Impact of Higher Education in Rural Areas. Journal of Rural Development.
Johnson, L. (2019). Economic Pressures and Educational Choices: A Rural Perspective. Rural Sociology Review.
Khadijah, S., Indrawati, H., & Suarman. (2017). Analisis Minat Peserta Didik untuk Melanjutkan Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial (JPIS), 26(2), 178–188.
Kinda, A. C., Aisyah, N. N., & Akbari, A. A. (2024, August). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak: Studi Kasus pada Keluarga dengan Kedua Orang Tua Bekerja. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal (Vol. 2, No. 1).
Larasati, D. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Produk Kosmetik Yang Tidak Terdaftar pada BPOM Ditinjau dari Prilaku Konsumen (Studi Kasus Mahasiswi Ekonomi Syariah Angkatan 2014 di IAIN Metro Lampung) (Doctoral dissertation, IAIN Metro).
Lexy, J. M. (2010). Penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Lubis, M. (2018). Economic Barriers to Educational Participation in Rural Areas. Journal of Rural Education.
Marlinah, L. (2019). Pentingnya peran perguruan tinggi dalam mencetak SDM yang berjiwa inovator dan technopreneur menyongsong era society 5.0. IKRAITHEKONOMIKA, 2(3), 17-25.
Martiyana, S. (2022). PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP KELANJUTAN PENDIDIKAN ANAK KE PERGURUAN TINGGI DI DESA TANJUNG DALAM KECAMATAN PONDOK KUBANG KABUPATEN BENGKULU TENGAH (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).
Martin, P., & Lee, T. (2023). Socioeconomic Factors Affecting Educational Access in Rural Communities. International
Journal of Educational Development. Mubarok, A. (2021). Persepsi masyarakat nelayan tentang pentingnya pendidikan tinggi: Studi kasus di Desa Lohgung Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Muhammad, Ali, HG, & Arifin. (2017). Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Anak di Desa Wunse Jaya Kecamatan Wawoni Tenggara Kabupaten Konawe Kepulauan. AL TA'DIB : Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 10(1), 163–180
Nawawi, M., & Aliyyah, R. R. (2024). Transformasi Pendidikan Tinggi Menuju kualitas dan Profesionalisme. Karimah Tauhid, 3(2), 2374-2390.
Nisa, A. H., Hasna, H., & Yarni, L. (2023). Persepsi. KOLONI, 2(4), 213-226.
Nugroho, A., & Prasetyo, B. (2020). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak di Pedesaan. Jurnal Pendidikan Masyarakat, 15(2), 203-214.
Nulhaqim, S. A., Heryadi, D. H., Pancasilawan, R., & Ferdryansyah, M. (2016). Peranan perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia untuk menghadapi Asean community 2015 studi kasus: Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung. Share: Social Work Journal, 6(2), 197.
Nuraini, R. (2023). The Impact of Higher Education on Employment Opportunities in Rural Communities. Journal of Economic Development.
Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi penelitian sosial. Media Sahabat Cendekia.
Putri, N. E., & Pratama, A. (2022). STUDENT INTEREST IN CONTINUING THEIR STUDIES EDUCATION. MULTIDISCIPLINARY TO REVIEW HIGHER OF EDUCATION, CULTURE AND PEDAGOGY, 1(4), 43-58.
Rahmawati, S. (2022). Information Access and Educational Aspirations in Rural Areas. International Journal of Educational Research.
Robinson, K. (2022). Community Perceptions of Education and Its Impact on Participation. Journal of Community Education.
Santika, P. (2021). Local Initiatives and Their Impact on Educational Participation in Villages. Journal of Community Development.
Santrock, JW (2019). Masa remaja (Edisi ke-7). Pendidikan McGraw-Hill.

