EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII  PADA PEMBELAJARAN IPS SMP NEGERI 13 SEMARANG

Authors

  • Inayatul_Aliyah Universitas Negeri Semarang Author
  • Ferani Mulianingsih Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/sosiolium.v7i1.20071

Keywords:

Problem-Based Learning (PBL), Capaian Pembelajaran , Ilmu Pengetahuan Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain True Experimental yaitu pre-test-post-test Non-equivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Semarang yang dipilih secara acak dengan teknik Simple Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 13 Semarang. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, yaitu 94 > 84. Selain itu, hasil uji-t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model problem based learning dengan siswa yang menggunakan model konvensional.

This study aims to examine the effectiveness of the Problem Based Learning (PBL) model on students' critical thinking skills in social studies subjects. The research employed a quantitative method with a True Experimental design, specifically a pre-test – post-test Non-equivalent Control Group Design. The research subjects were eighth-grade students of SMP Negeri 13 Semarang, selected randomly using the Simple Random Sampling technique. The results of the study indicate that the problem based learning learning model is effective in improving the learning outcomes of eighth-grade students in social studies at SMP Negeri 13 Semarang. This is evidenced by the higher average score of the experimental class compared to the control class, 94 > 84. Furthermore, the t-test results showed a significance value of 0.000 < 0.05, indicating a significant difference between the learning outcomes of students using the problem based learning model and those using conventional models.

 

References

Adisel, A., Saputri, I. E., Ulfah, A., Sudomo, A. H., Alamsah, S., & Ulandari, U. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Ceramah terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 134–139. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3409

Al Azizani, S. (2021). Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran IPS Tipe Group Investigation pada Siswa Kelas VIII SMP IC Nurul Hidayah di Kabupaten Pasuruan. ENTITA : Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1). https://doi.org/10.19105/ejpis.v3i1

Dary Mu’aafat , U., & Mulianingsih, F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Berbasis Video Animasi Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VIII di Kelas SMP Negeri 36 Semarang. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/JISSE/index

Devita Sari, I. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL ADVANCE ORGANIZER BERMEDIA PETA KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS MATERI SEJARAH SISWA SMA. In Jurnal Swarnadwipa (Vol. 5, Issue 2).

Ennis, R. (2011). Critical Thinking. Inquiry: Critical Thinking Across the Disciplines, 26(1), 4–18. https://doi.org/10.5840/inquiryctnews20112613

Fitria, Z., Arianto, F., & Sumarno, A. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2). https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4172

Hartatik, S. (2023). Penerapan Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Sesuai Kurikulum Merdeka. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 335–346. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i4.1868

Hasanah, U., Sarjono, S., & Hariyadi, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar IPS SMP Taruna Kedung Adem. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 43–52.

Hermawan, A., & Prima Artharina, F. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa di Kelas 2 Sekolah Dasar.

HS, E. F. H., Khaedar, Muh., & Asriati, A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Borong Jambu Ii Kota Makassar. Celebes Education Review, 1(1), 59–69. https://doi.org/10.37541/cer.v1i2.550

Istni, T., Utomo, D. H., & Utaya, S. (2022). Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran Geografi siswa kelas XI IPS MA Bilingual Batu. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(2), 194–203. https://doi.org/10.17977/um063v2i2p194-203

Nada Risqiyah, U., & Mulianingsih, F. (2022). Pengaruh Media vlog (Video Blogging) Mitigasi Becana Covid 19 Terhadap Hasil Belajar IPS SMP Negeri 02 Randudongkal Pemalang. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/SOSIOLIUM

Ni’mah, F., Asari, S., & Huda, S. (2024). Efektivitas Model Problem-Based Learning Terhadap Berpikir Kritis dengan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Peserta Didik SMKN 1 Cerme. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 212–221. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.3027

N.K. Mardani, N.B. Atmadja, & I.N.Suastika. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 55–65. https://doi.org/10.23887/pips.v5i1.272

Nurfahrani, N., Hayati, L., Lu’luilmaknun, U., & Kurniati, N. (2023). Pengaruh Model PBL terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 23 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2403–2407. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1831

Nurhayati, I., Pramono, K. S. E., & Farida, A. (2024). Keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication And Collaboration) dalam Pembelajaran IPS untuk Menjawab Tantangan Abad 21. Jurnal Basicedu, 8(1), 36–43. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6842

Nurhidayati, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Tahun Pembelajaran 2022/2023. Universitas Hamzanwadi.

Permadani, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Kotagajah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.

Purnomo, A., & Mulianingsih, F. (2021). Development of Higher Order Thinking Skill in Junior High School: Studies on Social Studies Teachers in Pekalongan City.

Putri, R. O., Setya Nugroho, A., & Umam, N. K. (2023). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA PELAJARAN IPS. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 4(2), 1–10. https://doi.org/10.36928/jlpd.v4i2.2229

Ramadhan, I. (2021). Penggunaan Metode Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI IPS 1. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 358–369. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1352

Riswanti, P. (2020). Efektivitas Problem Based Learniing (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas X IPS SMA N 1 Karangreja Kbupaten Purbalingga. UniversitasNegeriSemarang.

Safitri, Y. D., Katomi, I., & Faridl, A. (2024). Dampak Globalisasi Terhadap Moralitas Remaja di Tengah Revolusi Digital. Multidisiplin Ilmu Akademik, 1, 72–80. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jmia.v1i4.1875

Downloads

Published

2025-06-24

Article ID

20071

Issue

Section

Articles