MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN KREASI BELAJAR SEJARAH KEMERDEKAAN MELALUI DRAMA DAN POSTER

Authors

  • Adi Saputra Universitas Negeri Semarang Author
  • Fredy Hermanto Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/sosiolium.v7i1.25138

Abstract

Penelitian bertujuan meningatkan keterlibatan dan kreativitas siswa kelas 9 SMP dalam pembelajaran sejarah kemerdekaan Indonesia melalui metode pembelajaran bermain peran dan poster. Metode penelitian yang digunakan adalah penilaian tindakan kelas dengan jenis penelitian kualitatif. Data penelitian diperoleh dari observasi aktivitas guru dan siswa dan hasil tugas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran, antusiasme siswa, dan hasil tugas yang menunjukkan pemahaman siswa terhadap materi. Siswa membuat poster sejarah menunjukkan pemahaman materi, namun partisipasi kurang karena 9 siswa tidak menyelesaikan tugas. Siswa bermain peran meningkatkan partisipasi dan kreativias siswa. Penilaian kreativitas dapat dinilai melalui poster yang telah dihasilkan. Penilaian proses membuat poster perlu dinilai melalui observasi. Metode pembelajaran poster dan tugas individu dapat melatih kreativitas personal siswa, sehingga keaktifan dalam pembelajaran kurang diperhatikan.

The Research aims to improve and creativity of 9th grade junior high school students in learning Indonesian independence history through role-playing and poster learning methods. The reserarch method used is classroom action assessment with a qualitative research type. Research data was obtained from observations of teacher and student activities and task results. The results of the study showed that there was an increase in student participation in learning, student enthusiasm, and task results that showed student' understanding of the material. Students making history posters showed understanding of the material, but participation was low because 9 students did not complete the assignment. Students playing role-playing improved student participation and creativity. Creativity assessment can be assessed through the posters that have been produced. However, the assessment of the poster making process needs to be assessed through observation. The poster and individual assignment learning method can train student' personal creativity, so that their activeness in learning is less noticeable. 

 

References

Effendi, Irfan dkk. 2021. Implementasi Penilaian Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Sejarah. Prabyaksa: Journal of History Education, 1(1), 21-25.

Halifah, Syarifah. 2020. Pentingnya Bermain Peran Dalam Proses Pembelajaran Anak. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. 4(3) 35-40.

Hamidah. D. 2019. Peran media poster dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di SDN 1 KARANGAN BALONG PONOROGO. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Ponorogo.

Hasanah, Wulan Uswatun & Rita Agustina Karnawati. 2022. Pembelajaran Berbasis Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Poster Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Bahasa Jepang Pada Siswa Kelas XI Bahasa SMAN 113 Jakarta. Kiryoku: Jurnal Studi Kejepangan, 6(1) 42-51.

Lasminawati, Endang dkk. 2023. Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching Model Problem Based Learning. 2(2) 44-48.

Rapiatunnisa. 2022. Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling. 5(1) 17-26.

Sari, Anjalika dkk. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi Culturally Responsive Teaching (CRT) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA 2 SMA NEGERI 7 Mataram Pada Mata Pelajaran Kimia Tahun Ajaran 2022-2023. Jurnal asimilasi pendidikan, 1(2) 110-118.

Downloads

Published

2025-06-24

Article ID

25138

Issue

Section

Articles