PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK TERHADAP MINAT BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 22 SEMARANG

Authors

  • Andini Putri Universitas Negeri Semarang Author
  • Rudi Salam, S.Pd., M.Pd Universitas Negeri Semarang Author

Keywords:

Pengaruh, Media Pembelajaran, Aplikasi Tiktok, Minat Belajar, Pendidikan IPS

Abstract

Media pembelajaran harus disesuikan dengan perkembangan teknologi supaya mampu meningkatkan minat belajar peserta didik. Peserta didik saat ini masuk dalam generasi Z yang dalam kehidupan sehari-hari sangat dekat dengan media sosial. Media sosial yang sangat populer saat ini adalah aplikasi tiktok. Aplikasi tiktok mampu diolah menjadi sebuah media pembelajaran IPS yang menarik dan interaktif. Tujuan penilitian ini untuk mengetahui gambaran penggunaan aplikasi tiktok sebagai media pembelajaran IPS dan penagruh penggunaan aplikasi tiktok terhadap minat belajar IPS kelas VIII di SMP Negeri 22 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kausal pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1 Penggunaan Aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran IPS pada peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 22 Semarang dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 67,4%; (2) Terdapat pengaruh positif signifikan penggunaan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran terhadap minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Semarang tahun ajaran 2023/2024 yang dibuktikan dari nilai thitung sebesar 3.303 dan sig sebesar 0,001< 0,05 sehingga semakin tinggi penggunaan aplikasi Tiktok sebagai media pembelajaran maka minat belajar siswa akan meningkat juga. Besarnya pengaruh penggunaan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran terhadap minat belajar siswa yaitu 12,4%.

Author Biography

  • Rudi Salam, S.Pd., M.Pd, Universitas Negeri Semarang

    Lektor Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S1) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Downloads

Article ID

2837

Published

2024-09-19

Issue

Section

Articles