PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS FLASH PADA MATA PELAJARAN IPS DALAM MATERI SEJARAH PRA AKSARA DI SMP N 1 KERTEK

Authors

  • Muhammad Kholifudin Hanif Hanif Universitas Negeri Semarang Author
  • Asep Ginanjar Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/sosiolium.v7i1.370

Keywords:

Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Sejarah Pra Aksara

Abstract

SMP N 1 Kertek memiliki permasalahan dimana siswa berupa kurang memahami materi IPS dengan cara penyampaian konvensional. Pengembangan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran untuk membantu mengatasi permasalahan sesuai dengan kebutuhan dan potensi di sekolah. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan yang digunakan adalah dari Borg & Gall yang dimodifikasi oleh Tim Puslitjaknov. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA sebanyak 30 siswa dengan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Penelitian menghasilkan produk media pembelajaran multimedia interaktif berbasis flash yang dikemas dalam bentuk CD Drive yang telah diuji kelayakannya oleh ahli materi dengan skor akumulasi 91,7% yang termasuk kategori “sangat layak” dan penilaian ahli media mendapatkan kategori “sangat layak” dengan skor 90,6%.. Dari penilaian pada uji coba kecil mendapatkan kategori “sangat baik” dengan nilai 87,9%. Sehingga, pengembangan media pembelajaran multimedia Interaktif berbasis flash pada materi sejarah di SMP N 1 Kertek layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

SMP N 1 Kertek has a problem where students do not understand social studies material in a conventional way. Development of interactive multimedia as a learning media to help overcome the problem in accordance with the needs and potential at school. The research method uses Research and Development (R&D). The development procedure used is from Borg & Gall modified by the Puslitjaknov Team. The test subjects in this study were VIIA class students as many as 30 students with data collection techniques of observation, documentation, interviews, and questionnaires. The research resulted in a flash-based interactive multimedia learning media product packaged in the form of a CD Drive which has been tested for feasibility by material experts with an accumulated score of 91.7% which is included in the "very feasible" category and the assessment of media experts getting the "very feasible" category with a score of 90.6%. From the assessment in the small trial, it was categorized as "very good" with a score of 87.9%. Thus, the development of flash-based Interactive multimedia learning media on historical material at SMP N 1 Kertek is suitable for use as a learning medium.

References

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Indriana, Dina.2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: DIVA Press.

Sanjaya, Wina.2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiyono. 2019. Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi

Munir. 2012.Multimedia Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan.Bandung: Alfabeta.

Sadiman, Arief S., dkk. 2010. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali

Downloads

Published

2025-06-24

Article ID

370

Issue

Section

Articles