UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL GAMES TGT (TEAMS GAMES TOURNAMEN) PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VIII E SMP NEGERI 38 SEMARANG

Authors

  • Septya Nurhayati Universitas Negeri Semarang Author
  • Arief Nurhidayat Universitas Negeri Semarang Author
  • Fajar Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/sosiolium.v8i2.5448

Keywords:

Learning Motivation; , Learning Model , Teams Games Tournament

Abstract

Motivasi belajar peserta didik menentukan berhasil tidaknya pelaksanaan pembelajaran.Karena belajar merupakan suatu proses yang terjadi dari dalam, maka faktor motivasi mempengaruhinya. Peserta didik di SMP Negeri 38 Semarang kelas VIII E ketika pembelajaran IPS asik bermain sendiri dengan temannya, bermalas-malasan saat pembelajaran IPS, membuat kegaduhan di kelas, mengganggu peserta didik lain yang ingin memperhatikan pembelajaran dengan sungguh-sungguh, mengantuk saat pembelajaran berlangsung bahkan ada yang tertidur saat pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Motivasi belajar IPS menggunakan TGT (Teams Games Tournament) pada kelas VIII E SMP Negeri 38 Semarang mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Hal tersebut dibuktikan dengan kategori tinggi awalnya sebesar 19% meningkat menjadi 58%, kategori sedang awalnya sebesar 36% menjadi 29% dan kategori kurang awalnya sebesar 45% menurun menjadi 13%. Pembelajaran dengan model TGT dapat memotivasi, menumbuhkan minat dan semangat peserta didik dalam pembelajaran.

Students' learning motivation determines the success or failure of implementing learning. Because learning is a process that occurs from within, motivation factors influence it. Students at SMP Negeri 38 Semarang class VIII E when learning social studies have fun playing alone with their friends, lazing around while learning social studies, making noise in class, disturbing other students who want to pay serious attention to learning, getting sleepy during learning. who fell asleep while studying. The type of research used in this research is Classroom Action Research (PTK). Motivation to learn social studies using TGT (Teams Games Tournament) in class VIII E of SMP Negeri 38 Semarang has increased from cycle I to cycle II. This is evidenced by the high category initially being 19% increasing to 58%, the medium category initially being 36% to 29% and the low category initially being 45% decreasing to 13%. Learning with the TGT model can motivate, foster students' interest and enthusiasm in learning.

References

Arikunto. 2019. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta Timur: Bumi Aksara.

Hidayatus. 2022. Penerapan TGT untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik kelas XII A pada Mata Pelajaran SKI di MA Ma’arif Balong Ponorogo. Skripsi. Ponorogo: IAIN.

Muzaemah. 2020 "Penerapan Pembelajaran Kooperatif TGT Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP." Jurnal Profesi Keguruan 6.1 88-99.

Panggabean, Suvriadi, et. al. 2021. .Konsep dan Strategi Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Pinton, et. al. 2020 Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kualitatif.dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga. Malang: Universitas Negeri Malang.

Ristanti, Triana. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Persediaan Siswa Kelas XI AK 1 SMK YPE Sawunggalih. (Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta)

Salim, et. al. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Perdana Publishing.

Sanjaya, W. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran Teori. Jakarta: Prenada Media Grup.

Solihah, Ai. 2016. "Pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika." SAP (Susunan Artikel Pendidikan).

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif & RD.Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-10-30

Article ID

5448

Issue

Section

Articles