Pengaruh Source Credibility dan Attitude Homophily Terhadap Purchase Intention Melalui Trust Sebagai Variabel Mediasi pada Produk MOP (Mother of Pearl)

Authors

  • Syarifah Syarifah Universitas Negeri Semarang Author
  • R.R. Endang Sutrasmawati Author

Keywords:

Purchase Intention, Trust, Source Credibility, Attitude Homophily

Abstract

Pesatnya perkembangan sosial media di Indonesia mendorong munculnya fenomena baru di berbagai sektor industri, terkhusus di industri kecantikan. Para pemasar dituntut untuk membuat strategi pemasaran yang relevan dengan perkembangan teknologi saat ini agar dapat diterima oleh konsumen ataupun calon konsumen. Salah satunya yaitu metode pemasaran dengan memanfaatkan kepopuleran influencer. Oleh karena itu, dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Source Credibility dan Attitude Homophily terhadap Purchase Intention melalui Trust sebagai variabel mediasi pada produk MOP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu konsumen dan calon konsumen produk MOP yang mengikuti akun media sosial Tasya Farasya di Kota Semarang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang diambil melalui google from dengan teknik purposive sampling dan metode non probability sampling. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh secara signifikan pada Attitude Homophily terhadap Purchase Intention, Source Credibility dan Attitude Homophily terhadap Trust,  dan Source Credibility dan Attitude Homophily terhadap Purchase Intention melalui Trust sebagai variabel mediasi. Akan tetapi pengaruh Source Credibility terhadap Purchase Intention tidak memiliki pengaruh yang signifikan.

Downloads

Published

2025-09-29

Article ID

31586