Pendidikan Karakter berbasis Nilai-Nilai Konservasi Sosial melalui Pembelajaran Mata Kuliah bersama di Fakultas Ilmu Sosial

Suprayogi Suprayogi(1), Noorochmat Isdaryanto(2), Eta Yuni Lestari(3),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Nilai-nilai konservasi sejalan dengan nilai-nilai Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia, akan tetapi pada kenyataannya nilai-nilai Pancasila dewasa ini mengalami degradasi, warga negara semakin lupa pada identitas bangsa, terjadi krisis jatidiri, merosotnya kepercayaan kepada pemerintah, masyarakat Indonesia tidak lagi mampu mengenali dirinya sebagai bangsa Indonesia, krisis ideologi, krisis karakter dan  krisis kepercayaan, sikap curiga dan meremehkan orang lain. Permasalahan klasik tentang krisis karakter semakin nampak jelas khususnya krisis karakter pada generasi muda, hal ini disebabkan karena pengaruh arus teknologi dan informasi. Maka dari permasalahan tersebut, pendidikan karakter bagi generasi muda sangat diperlukan untuk mengembalikan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Upaya penumbuhan karakter bagi generasi muda dapat dilakukan secara efektif melalui pembelajaran Mata Kuliah Bersama yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Keywords

Karakter; Konservasi; Mata Kuliah Bersama (MKB); Pendidikan

Full Text:

PDF

References

Handoyo, E., dan Tijan. 2011. Model Pendidikan Karakter Berbasis Konservasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbud.

Hammid Abdulloh, dkk. 2013. Penanaman Nilai-nilai Karakter Siswa SMK Salafiah Prodi TKJ Kajen Margoyoso Pati Jawa Tengah, dalam Jurnal Pendidikan Vokasi Vol 3 Nomor 2 Juni 2013.

Masrukhi. 2012. Membangun Karakter Berbasis Nilai Konservasi. Makalah. Simposium Pendidikan di Universitas Sebelas Maret. 23 Juni 2012.

Maftuh Bunyamin. 2008, Internalisasi Nilai-nilai Nasionalisme melalui mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. dalam jurnal Educationist Vol II No 2 ISSN 1907-8838 Universitas Pendidikan Indonesia.

Murdiono Mukhamad. 2010. Strategi Internalisasi Nilai-nilai Moral Religius dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi, Dalam Jurnal Cakrawala Pendidikan, Mei 2010, Th XXIX, Universitas Negeri Jogjakarta

Rachman Maman, Tijan, Aris. 2014, Padepokan Karakter, Semarang : Unnes Press

Sudarsih Wati. 2011. Sosial Life Skills. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia

Sekararum Ayuningdiyah. 2012. Interpersonal Psychotherapy (IPT) Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Mahasiswa Universitas Indonesia Yang Mengalami Distress Psikologis. FPsi UI, 2012.

Sunarto, dkk., 2016. Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi, Semarang : Unnes Pres

Soegito,2015. Pendidikan Pancasila, Semarang : Unnes press

(Barus, dalam jurnal cakrawala pendidikan, jurnal ilmiah pendidikan Juni 2015 No 2 UNY).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Forum Ilmu Sosial

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View FIS Stats