Efektivitas Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Firman Firman(1), Baedhowi Baedhowi(2), Wiedhy Murtini(3),


(1) Universitas Sebelas Maret
(2) Universitas Sebelas Maret
(3) Universitas Sebelas Maret

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas modul ekonomi dengan pendekatan saintifik yang telah dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang berpedoman pada model Borg & Gall dengan tahap yaitu tahap pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap pengujian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri Mandailing Natal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuisioner, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS. Uji lapangan operasional menggunakan  desain one group pretest – postest design. Analisis hasil tes belajar siswa di analisis dengan menggunakan uji t-test (independent samples test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: keefektifan modul pelajaran ekonomi dengan pendekatan saintifik menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen setelah menggunakan modul yang dikembangkan sebesar 85,00 dari sebelumnya sebesar 65,00, dan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,00 dari sebelumnya 66,00. Nilai tersebut menunjukan bahwa modul yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara efektif.

Keywords

Pendekatan Saintifik; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References

References

Abadi, M. K., Pujiastuti H., Assaat L. D. (2017). Development of Teaching Materials Based Interactive Scientific Approach towards the Concept of Social Arithmetic For Junior High School Student. International Conference on Mathematics and Science Education: Journal of Physics: Conf. Series 812

Dirgatama, A. H. C.., Siswandari., Indrawati, S. D. C. (2017). The Effectiveness of Archieved E-Book Based Curriculum 2013 As An Effort To Improving Learning Outcomes in Vocational School. Journal of Education and Learning. 11 (3) 251-256.

Hosnan. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hapsari, O., Hariyadi, S., Prihastuty, R. (2014). Pengaruh Iklim Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Teuku Umar Semarang. Intuisi Jurnal Ilmiah Psikologi 6 (1)

In’am, A., Hajar, S. (2017). Learning Geometry through Discovery Learning Using a Scientific Approach. International Journal of Instruction 10 (1), 55-70

Johnson, B. E. (2014). Contextual teaching & learning. Penerjemah: Ibnu Setiawan. Bandung. Kaifa

Keyes, G. (2010). Teaching the Scientific Method in the Social Sciences. The Journal of Effective Teaching, 10 (2)18-28

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81A tahun 2013. (Jakarta: 2013)

Khaerunisak, Kartono, Hidayah, I & Fahmi, A. Y. (2017). The Analysis Of Diagnostic Assesment Result In Pisa Mathematical Literacy Based On Students Self-Efficacy In Rme Learning. Infinity, Journal of Mathematics Education, 6 (1), 77-94.

Kurniasih, I. & Sani, B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan & Penerapan. Surabaya: Kata Pena

Longbotham, J. G., Longbotham, C. R. (2006). A Scientific Approach to Implementing Change. Journal of Practical Consulting, 1 (1)19-24

Marjan,J., Arnyana, P.I.B., Setiawan, N. I.G.A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Dengan Teknik Whole Brain Teaching Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Pada Siswa Kelas X SMA. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.Volume (4)

Nagl, G. M, Obadovic, Z. D, Segedinac, M. (2012). Effective Teaching of Physics and Scientific Method”. TEM Journal 1(2)

Ramdhani, M . R., Usodo, B & Subanti, S. (2017). Discovery Learning with Scientific Approach on Geometry. International Conference on Mathematics and Science Education: Journal of Physics: Conf. Series 895

Said, M.I., Sutadji, E & Sugandi, M. (2016). He Scientific Approach-Based Cooperative Learning Tool For Vocational Students Vocation Program Of Autotronic (Automotive Electronic) Engineering. Journal of Research & Method in Education. 6 (3) 67-73

Schwarz, C. V., Acher, A., Reiser, B. J., Fortus, D., Davis, E. A., Shwartz, Y., Hug, B., Kenyon, L., Krajcik, J. (2009). Developing a Learning Progression for Scientific Modeling: Making Scientific Modeling Accessible and Meaningful for Learners”. Journal Of Research In Science Teaching 46 (6)632–654

Setiawan, D & Wilujeng, I. (2016). The Development Of Scientific-Approach-Based Learning Instrumentsintegrated With Red Onion Farming Potency 1 In Brebes Indonesia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 5 (1) 22-30

Sudarwati, N. (2013). Developing an Integrated Module on Entrepreneurship to Improve Ability in Making Business Plans. International Journal of Business, Humanities and Technology. 3 (5)

Sodik F & Wijaya, M. S. (2017). Implementing Scientific Approach of 2013 Curriculum at KTSP-Based School for Teaching Present Continuous Tense. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris 10 (1), 16-28

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan, pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Susilo, A., Siswandari & Bandi. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Pembelajaran Saintifik Untuk Peningkatan Kemampuan Mencipta Siswa Dalam Proses Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas Xii Sma N I Slogohimo 2014. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26 (1)

Wati, A., Bharati L. A. D & Hartono, R. (2014). The Scientific Approach In Teaching Speaking For Various Texts (The Case Of Three Teacher Candidates of Wiralodra University Indramayu in The Academic Year 2013/2014). English Education Journal 4 (2) http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eej

Windschitl, M., Thompson, J., Braaten, M. (2007). Beyond the Scientific Method: Model-Based Inquiry as a New Paradigm of Preference for School Science Investigations. Journal Science Education DOI 10.1002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Forum Ilmu Sosial

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View FIS Stats