Persepsi Wali Siswa terhadap SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2016/2017

Utiya Ika Lestari(1), Yuni Suprapto(2),


(1) Universitas Peradaban
(2) Universitas Peradaban

Abstract

Mendapatkan pendidikan dasar yang terbaik adalah hak setiap anak, orang tua memiliki kewajiban untuk dapat memilih sekolah yang terbaik bagi anaknya. Munculnya beberapa sekolah swasta di Kecamatan Purwokerto Barat mampu menarik minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya di sekolah swasta. Salah satu sekolah swasta yang mampu menarik minat orang tua adalah Sekolah Dasar Terpadu “Putra Harapan†Purwokerto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi orang tua menyekolahkan anaknya di Sekolah Dasar Terpadu “Putra Harapan†Purwokerto Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini sebanyak dua puluh orang tua. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data diperoleh hasil bahwa berdasarkan persepsi orang tua peserta didik, Sekolah Dasar Terpadu untuk kualitas sekolah sudah baik hal tersebut dibuktikan dengan adanya kurikulum muatan lokal yang khas di SD Terpadu diantaranya bahasa inggris, bahasa arab, tahfidz, doa, khadist, Praktik ibadah, komputer dan baca tulis Al-Quran. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu persepsi orang tua terhadap kualitas sekolah sangat beragam akan tetapi masih dalam lingkup yang sama, orang tua menyekolahkan anaknya di SD Terpadu dengan melihat kualitas sekolah serta kurikulum muatan lokalnya. Saran dalam penelitian ini yaitu persepsi orang tua yang sangat bagus harus dapat dipertahankan oleh Sekolah Dasar Terpadu “Putra Harapan†Purwokerto. Baik persepsi terhadap kualitas sekolah supaya SD Terpadu menjadi sekolah yang berkualitas dan Sekolah Unggulan.

Keywords

Persepsi; Pendidikan; Wali Siswa; SD Terpadu

Full Text:

PDF

References

Ahmadi, Iif Khoiru. Dkk. (2011). Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Badrulael, Muhammad Yusuf. (2015). Komperasi Keunggulan Prestasi Akademik Siswa Antara Sekolah Unggul dan Madrasah Unggul. Skripsi Pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Uin Syarif Hidyatullah. Tidak diterbitkan

Bafadal, Ibrahim. (2012). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara

Creswell, Jhon. W. (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Terj. Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hasbullah. (2012). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Moleong, Lexy J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2007). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda.

Sopiatin. (2010). Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Supriadi, Dedi. (2004). Satuan Biaya Pendidikan Dasar dan Menengah. Bandung: Remaja Rosda Karya

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Forum Ilmu Sosial

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View FIS Stats