Internalisasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)

Nuryani Nuryani(1), Siti Nurindah Sari(2),


(1) IKIP Veteran Semarang
(2) IKIP Veteran Semarang

Abstract

Kerusakan lingkungan merupakan satu ancaman yang paling berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia. Kerusakan ini dapat dirasakan melalui tanda-tanda instabilitas alam yang terjadi terus menerus. Segala upaya guna mewujudkan misi menyelamatkan lingkungan perlu dilaksanakan menggunakan sarana, metode, dan eksekusi yang tepat. Sekolah yang merupakan tempat strategis dalam mempertemukan generasi saat ini (guru) dengan generasi mendatang (siswa) agaknya dapat menjadi ujung tombak dalam pembentukan karakter peduli lingkungan. Lingkungan sekolah memungkinkan terjadinya transfer of knowledge kepada para siswa, terutama berkaitan dengan rasa cinta terhadap lingkungan. Dalam hal ini guru memiliki peran penting sebagai fasilitator dan katalisator dalam proses pembelajaran demi menciptakan generasi yang peduli lingkungan.

Keywords

Pendidikan Karakter; Peduli Lingkungan; Sekolah

Full Text:

PDF

References

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 2017. Buku Panduan Puncak Acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2017 dan Landmark Hutan Indonesia.

Khanafi, M.Y. 2011. Konsep Pendidikan Karakter Islmai (Telaah Kritis atas Pemikiran Najib Sulhan. Skripsi. IAIN Walisongo.

Mahbubi, M. 2012. Pendidikan Karakter Implementasi Aswaja sebagai Nilai Pendidikan karakter. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Muslich, Mansur. 2010. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2013 Tentang Pelaksanaan Program Adiwiyata.

Rianiwiarharat. Blogspot. Co.id /2015/03/ diunduh https://www.kompasiana.com/idarianawaty menggas sekolah berwawasan lingkungan adiwiyata.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Forum Ilmu Sosial

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View FIS Stats