HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP METODE MENGAJAR GURU MATEMATIKA DENGAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 03 KERYATASA BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013
(1) Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
(3) Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mencari dan mengetahui hubungan antara persepsi dengan minat siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Subjek pada penelitian ini berjumlah 53 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Persepsi siswa diukur dengan skala persepsi siswa. Skala minat siswa mempunyai koefisien reliabilitas sebesar 0,881. Skala persepsi siswa terdiri dari 28 item yang valid dengan rentang koefisien validitas dari 0,301 sampai dengan 0,706. Sedangkan minat siswa diukur dengan skala minat. Skala minat mempunyai koefisien reliabilitas sebesar 0,858. Skala minat terdiri dari 25 item yang valid dengan rentang koefisien validitas dari 0,395 sampai dengan 0,634. Uji korelasi menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan variabel persepsi siswa tergolong dalam kriteria tinggi. Demikian juga dengan variabel minat tergolong dalam kriteria tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara persepsi dengan minat siswa. Korelasi antara persepsi dengan minat siswa diperoleh koefisien r = 0,768 dengan signifikansi atau p = 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi dengan minat siswa pada kelas V SD Negeri 03 Kertayasa Banjarnegara.
Kata kunci: persepsi, minat siswa.
Abstract. This research to investigate and determine the relationship between perception and interests of students. This study is a quantitative correlation. Subjects in this study is 53 students. The sampling technique used is total sampling. Measured by students 'perceptions of students' perception scale. The scale of interest students have reliability coefficient of 0.881. The scale consists of 28 students' perceptions of valid items with validity coefficients range from 0.301 to 0.706. While student interest measured by the scale of interest. The scale has a reliability coefficient of interest of 0.858. The scale consists of 25 items of interest are valid with validity coefficients range from 0.395 to 0.634. Test correlation product moment correlation technique. The results showed variable perceptions of students belonging to the high criteria. Likewise, the variable interest belonging to the high criteria. The results showed that there is a positive relationship between the perception of the student's interest. The correlation between students' perceptions of the interest earned coefficient r = 0.768 with significance or p = 0.000 . It shows that there is a significant positive relationship between students' perceptions of the interest on the class V SD Negeri 03 Kertayasa Banjarnegara.
Keywords : perception , interests of students
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, Muji. Hubungan Antara Persepsi Terhadap Pembelajaran Konstektual Dengan Minat Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Semarang. (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro). Diakses pada tanggal 25 Oktober 2012.
Azwar, Saifudin. 2003,Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Carmichael. 2009. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengetahuan Matematika. Skripsi. (Diunduh 25/07/2012)
Djaali, H., 2012. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Fitri. 2005. Hubungan Persepsi Tentang Kompetensi Profesional Guru Matematika dengan Motivasi Belajar Matematika pada siswa SMA. Jurnal Psikologia. Volume 1. No 2.
Hastuti. 2004. Persepsi Siswa Terhadap Metode Mengajar. Skripsi. (Diunduh 25/07/2012).
.
Hurlock, Elizabeth. B., 1990, Perkembangan Anak, Jakarta: Erlangga.
Slameto. 2003, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.