HUBUNGAN ANTARA BERPIKIR POSITIF DENGAN EFIKASI DIRI AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI

Fika Rachmawati(1), Tri Esti Budiningsih(2),


(1) Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Pola pikir mahasiswa yang positif akan mempengaruhi efikasi diri akademiknya. Apabila mahasiswa mampu berpikir secara positif maka mahasiswa tersebut akan memiliki keyakinan dalam melewati tantangan akademik seperti skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara berpikir positif dengan efikasi diri akademik. Penelitiaan ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Semarang angkatan 2008 sampai dengan 2010 yang sudah mendapatkan SK (Surat Keputusan) proposal penelitian. Jumlah sampel yaitu sebanyak 61 mahasiswa. Teknik sampling yang dipakai yaitu Total Sampling. Data penelitian diambil menggunakan skala berpikir positif dan skala efikasi diri akademik. Skala berpikir positif terdiri dari 43 aitem, mempunyai koefisien validitas aitem antara 0,283 sampai dengan 0,729 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,892. Adapun skala efikasi diri akademik terdiri dari 35 aitem, mempunyai koefisien validitas aitem antara 0,292 sampai dengan 0,774 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,896. Teknik analisis data menggunakan tekhnik Product Moment dengan hasil koefisien korelasi sebesar 0,526 dengan taraf signifikansi p = 0,000 dimana p 0,01, berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara berfikir positif dengan efikasi diri akademik pada mahasiswa yang
sedang menyusun skripsi. Semakin tinggi berpikir positif maka semakin tinggi pula efikasi diri
akademik dan semakin rendah berpikir positif maka semakin rendah pula efikasi diri akademiknya.
Abstract
Positive mindset will affect student’s academic self-efficacy. If the student is able to think in a
positive way the student will have the confidence to pass the academic challenges such as final
project.This study aimed to determine the relationship between thinking positively with academic self-efficacy. This study is a quantitative correlation. The population was students from the
Department of Psychology, Semarang State University from 2008 to 2010 were already getting
Proposal Research decree. The number of samples is amount 61 students.Technique sampling
which is used is total sampling. The data were taken using a scale of positive thinking and academic self-efficacy scale. The scale of positive thinking is consists of 43items.This scale has a validity coefficient between 0.283 to 0.729 and the reliability coefficientis 0,892. There are 35 items
of academic self-efficacy scale.This self-efficacy scale hascoefficient validitybetween 0.292 to
0.774 and reliability coefficient is 0.896. The method of analysis using Product Moment by the
results of the correlation coefficient is 0.526 with a significance level of p = 0.000 where p <0.01,
the result shows that ”there is a positive relationship between positive thinking with academic
self-efficacy in students whom preparing final project”. The higher the positive thinking, the
higher academic self-efficacy and lower positive thinking will get lower academic self-efficacy.
Positive thinking and academic self-efficacy in students fromPsychology Departmentare on
high category.

Keywords

Positive Thinking, Academic Self Efficacy, Student Department of Psychology

Full Text:

PDF

References

Astuti, Muji. Hubungan Antara Persepsi Terhadap PemAzwar, S. 2012. Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bandura, A. 1997. Self Efficacy The Exercise Of Control.

New York: W.H Freeman and Company

Baron, R.A. & Donn B. 2004. Psikologi Sosial Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga

Canpil, N.I dkk. 2013. Hubungan antara Berpikir Positif

dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Interpersonal pada santri di

Asrama Putri Pondok

Pesantren Madrasah Aliyah Islamiyah Batang

Kabung Padang. Online di http://www.scribd.

com/doc/214142380/jurnal-nevy (diakses tanggal 13 Juli 2014)

Elfiky, I. 2009. Terapi Berpikir Positif. Jakarta: Zaman

Steca, P. dkk. 2007. Academic Self Efficacy Belief and Quality of Experience in Learning. Journal of Springer Science and Bussines Media. No. 10 Vol. 36 Hal. 301-312

Wibowo, M.E. dkk. 2010. Panduan Penulisan Karya Ilmiah. Semarang : Unnes Press

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.