HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DENGAN MINAT IBU MENYEKOLAHKAN ANAK DI LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Refika Maharani(1), Sri Maryati Deliana(2),


(1) Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Abstract

Abstrak. PAUD memiliki peran strategis dalam upaya pembinaan anak sejak dini untuk mempersiapkan generasi SDM di masa depan untuk bangsa Indonesia. Orang tua khususnya seorang ibu seharusnya memiliki pengetahuan tentang PAUD sehingga mampu mendidik anak dengan baik untuk disiapkan di masa mendatang. Namun pada kenyataannya di lapangan masih banyak ibu yang memiliki pengetahuan tentang PAUD yang rendah, serta minat yang rendah untuk menyekolahkan anaknya di lembaga PAUD. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran pengetahuan tentang PAUD dan minat ibu menyekolahkan anak di lembaga PAUD serta hubungan antara pengetahuan tentang PAUD dengan minat ibu menyekolahkan anak di lembaga PAUD.

Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian korelasional. Penelitian ini menggunakan studi populasi. Populasi pada penelitian ini adalah ibu yang tidak menyekolahkan anak di lembaga PAUD sebanyak 90 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah pengetahuan dan minat. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes pengetahuan tentang PAUD dan skala minat. Tes pengetahuan tentang PAUD sebanyak 40 item dan skala minat sebanyak 48 item. Teknik uji validitas menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas dilakukan dengan rumus Guttman Split Half untuk tes pengetahuan tentang PAUD dan menggunakan rumus Alpha Cronbach untuk skala minat. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik korelasi spearman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa “pengetahuan tentang PAUD masuk dalam kategori tinggi. Sedangkan minat ibu untuk menyekolahkan anak di lembaga PAUD masuk dalam kategori sedang. Hasil analisis korelasi menunjukkan nilai r = 0,759 dengan p = 0,00 (p < 0,05) yang artinya ada hubungan positif antara pengetahuan terntang PAUD dengan minat ibu untuk menyekolahkan anak di lembaga PAUD.

 

Kata Kunci: pengetahuan, minat

 

Abstract. PAUD has on to prepare human resource generations in the future for Indonesia. For parents, particularly a mother, should have knowledge of PAUD so she could educate her children well to be prepared for future. The objectives of this study are to describe about the description of PAUD and the mothers’ interest in schooling their children in PAUD and the relationship between knowledge of PAUD and mothers’ interest in schooling in PAUD. The research design used was correlation research. This research used the population study. The population of this research is the mothers who do not school their children in PAUD as much as 90 people. The variables of this research were knowledge and interest. The method of collecting data used was knowledge test of PAUD and psychology scale which was consisted of knowledge test of PAUD as much as 40 item and interest scale for 48 item. The technique of validity test used was the correlation formula of Product Moment  and the reliability test used was Guttman Split Half for knowledge test of PAUD strategic roles in the efforts of children development early and used Alpha Cronbach for interest scale. The method of analysis data in this research was the correlation statistic of Spearman. The result of this research showed that the knowledge of' PAUD belonged to the high category. On the other hand, the mothers’ interest in schooling their children in PAUD belonged to the medium category. The result of analysis correlation showed that the value of r = 0.759 with  p = 0.00 (p < 0.05 ). That mean that there was a positive correlation between knowledge of PAUD and the mothers’ interest in schooling their children in PAUD.

 

Keywords

knowledge, interest

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakfik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2009. Manajemen Srategis Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Diva press.

Azwar, S. 2010. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

______.2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelaj ar.

_______.200l. Tes Prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta. : Pustaka Pelajar.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. 2010. Mengenal Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia. http://wwwpaud.depdiknas.go.id/, diunduh pada 6 April 2011.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakrta : PT Bumi Aksara.

Djiwandono, Sri Esti Wuryani. 1989. Psikologi Perndidikan. Jakarta: Depdikbud.

Gunarsa, Singgih dan Yulia. 2003. Psikologi Perawatan. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia

Hadi, Sutrisno. 2004. Metodologi Research jilid 1. Yogyakarta : Andi offset.

Hariwijaya, M dan Bertiani Eka. 2009. PAUD (Melejitkan Potensi Anak Sejak Dini). Yogyakarta: Mahadhika Publishing.

Hasan, Maimunah. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Diva press

Hayati, Nur Rahmah. 2007. Pengaruh Pengetahuan, Sikap dan Motivasi terhadap Minat Bidan Mengikuti Ujian Kompetensi di Kota Semarang tahun 2007. Tesis Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Semarang.

Jefkins, Frank. I997. Periklanan Edisi ketiga. Jakarta: Erlangga.

Kurniasih, Imas. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Edukasia

Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Musbikin, Imam. 2010. Buku Pintar PAUD (Dalam Perspektif Islam). Yogyakarta: Leksana.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rieneka Cipta

Poerwadarminto, W.J.S. 1983. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Shaleh, Abdur Rahman dan Muhib Abdul Wahab. 2004. Psikologi Suatu Pengantar (dalam Perspektif Islam). Jakarta 1 Prenada Media.

Suratman, Asep. 2006. Pendidikan Anak Usia Dini dan Gerakan Pembangunan Masyarakat. http://[iurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/, diunduh pada 21 Maret 2011.

Suryani, Lilis. 2007. Analisis Permasalahan Pendidikan Anak Usia Dini dalam Masyarakat Indonesia. http:/jurnal.pdii.lipi.go.id/ admin/jurnal/, diunduh pada 21 Maret 2011.

Wawan, A dan Dewi M. 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Wijana, Widarmi, Sri Rama, Yulianti Siyantayani, Endah Suminah, Nurmiati, Mareta Wahyuni. 2008. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka

Yustina. 2006. Hubungan Pengetahuan Lingkungan Hidup dengan Persepsi, Sikap dan Minat dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup pada Guru Sekolah Dasar di Kota Pekanbaru. Jurnal Biogenesis vol.2 (2): 67-71.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.