PERBEDAAN MOTIF AFILIASI PADA REMAJA PENGGUNA FACEBOOK DITINJ AU DARI JENIS KELAMIN

Stiveni Isadora(1), Shinta Pratiwi(2), Probowatie Tjondronegoro(3),


(1) Fakultas Psikologi Universitas Semarang
(2) Fakultas Psikologi Universitas Semarang
(3) Fakultas Psikologi Universitas Semarang

Abstract

Abstrak. Penelitian ini beitujuan untuk menguji secara empiris perbedaan motif afiliasi pada remaja pengguna facebook ditinjau dari jenis kelamin. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada perbedaan motif afiliasi antara laki-laki dan perempuan pengguna facebook. Motif afiliasi remaja perempuan pengguna facebook lebih kuat dari pada remaja laki-laki. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 100 mahasiswa Universitas Semarang, yang terbagi atas 50 mahasiswa perempuan dan 50 mahasiswa laki-laki. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah tekmk incidental sampling.

Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan Skala Motif Affiliasi pada Remaja. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan motif afiliasi antara remaja laki-laki dan remaja perempuan pengguna facebook. Motif afiliasi remaja perempuan pengguna facebook lebih kuat dari pada laki-Iaki, yang ditunjukkan dengan nilai Uji-t = 5,073 p = 0,000 (p < 0, 01), sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima.

 

Kata kunci : jenis kelamin, motif afiliasi pada remaja

Keywords

jenis kelamin, motif afiliasi pada remaja

Full Text:

PDF

References

Atkinson, R. L., Atkinson, R, C., Smith, E, Bem, D, J. 1999. Pengantar psikologi. Jilid Dua. Alih Bahasa : Widjaja Kusuma. Batam: Interaksara.

Azwar, S. 1999. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

_____ . 2004. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset.

Gerungan, W.A. 2002. Psikologi Sosial. Jakarta: Refika.

Hasibuan, H. M. 2007. Organisasi dan Motivasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hendersen, C., dan Jones, K. 2005. Buku Ajar Konsep Kebidanan. Jakarta: Penerbit bulm Kedokteran EGC.

Hermanto. 2010. Facebook. http://id.ibtimes. com/articles/3964/20110110/jumlah-pengguna-facebook-di-indonesia-lampaui-inggris.htm. (Sabtu, 02 Juli 2011).

Monks, F .J, Knoers A.M.P & Haditono, S.R. 2002. Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta : University Press.

Muslikhati, S. 2004. Feminisme dan Pemberdayaan Perempuan dalam Timbangan Islam. Jakarta: Gema Insani Press.

Paulus, A. 2009. Jejaring Sosial Facebook. http://www.paulusforge. net/blog/jejaring-sosial-networking. (06 November 2010).

Santoso, S. 2010. Teori-teori Psikalogi Sosial. Surabaya : PT. Refika Meditama.

Sobur, A. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: ALFABETA.

Susanto, A. B., dan Putra, R. M. S. 2010. 60 Management Gems: Applying Management Wisdom in Life. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Walgito, B. 2002. Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Yogyakarta: ANDI.

______. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta 2 ANDI.

Zaenal, A. 2009. Add me on Facebook. Jakarta: Gagas Media.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.