STRATEGI SELF REGULATED LEARNING DAN PROKRASTINASI AKADEMIK TERHADAP PRESTASI AKADEMIK

Putri Saraswati(1),


(1) Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur

Abstract

Abstrak.  Prokrastinasi (menunda pekerjaan untuk melakukan kegiatan lain yang tidak berhubungan dengan pekerjaan atau tugas yang harusnya diselesaikan) dapat berdampak pada beberapa masalah psikologis seperti tertekan, stres, dan juga depresi. Dalam setting pendidikan, prokrastinasi biasa disebut dengan prokrastinasi akademik dan hal tersebut dapat diminimalkan dengan menggunakan strategi self regulated learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan strategi self regulated learning, prokrastinasi dan prestasi akademik, serta mencari sumbangan masing-masing terhadap variabel Y. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan teknik pemilihan sampel berupa stratified random sampling. Subjek pada penelitian ini sebanyak 222 orang terdiri dari 66 laki-laki dan 156 perempuan. Data penelitian ini, dianalisa dengan menggunakan teknik statistik regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan negatif dan sumbangan antara prokrastinasi akademik terhadap prestasi akademik (r=-0,199; r2=0,039). Strategi SLR tidak berhubungan dengan prestasi akademik namun berhubungan dengan prokrastinasi akademik (r=0,479 dan r2= 0,229) selain itu, penelitian ini menemukan bahwa jenis kelamin memiliki hubungan dan sumbangan terhadap prestasi akademik (r=0,267; r2=0,071).

 

Kata Kunci : Strategi Self Regulated Learning, Prokrastinasi dan Prestasi Akademik

 

Abstract. Procrastination (delaying tasks to doing other tasks does not correlation with tasks that have to done) can be impact to several psychological problems such as feeling intention, stress, depression. In educational setting, procrastination usually called as academic procrastionation. this is can be solved by self regulated learning strategy. This research to aim knows the relation of self regulated learning, procrastination and academic achievement, and to find the contribution each X variables to Y variable. Method of this research  is quantitative, with stratified random sampling. Sample of the research is 222 collages (66 men, and 156 woman). The Data analysis by regression statistic technique. The result shows negative correlation and contribution academic procrastination and academic achievement (r=-0,199; r2=0,039). There is no relation self regulation learning strategy and academic achievement, but positive correlation self regulation learning strategy and academic procrastination (r=0,479, r2= 0,229). Additional, there is positive correlation and contribution, gender and academic achievement (r=0,267; r2=0,071).

Keywords

Self Regulated Learning Strategy, academic procrastionation and academic achievement

Full Text:

PDF

References

Aini, A. N. & I. H. Mahardayani (2012). "Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Prokrastinasi Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Universitas Muria Kudus." Jurnal Psikologi: PITUTUR 1(2): 65-71

Alfil, D., Lestari, S., & Prihartanti, N. (2016). Peran Keterlibatan Orang Tua Dan Regulasi Diri Dalam Belajar Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa. Thesis UMS

Andari, N.D.& Nugraheni, Rini. (2016). Analisis Pengaruh Menejemen Waktu, Motivasi Kuliah Dan Aktualisasi Diriterhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Yang Bekerja (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Menejemen Fakultas Ekonomidan Bisnis UNDIP. Skripsi

Andarini, S. R., & Fatma (2013). "Hubungan Antara Distress Dan Dukungan Sosial Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi." TALENTA 2(2)

Ariwibowo, M.S. (2012). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa PPKN Angkatan 2008/2009 UAD Semester Ganjil Tahun Akademik 2010/2011 jurnal citizenship issn 2088-7376vol 1 no 2 (2012)

Azmi, U. (2017). Kontirbusi ketangguhan dlam belajar (academic hardinelajar matematika siswa DI SMAN 3 Sidoarjo. Skripsi UIN Sunan Ampel surabayaess)

Azar, F. S. (2013). Self- Efficacy , Achievement Motivation and Academic Procrastination As Predictors of Academic Achievement in Pre-College Students. Proceeding of the Global Summit on Education, 2013(March), 11–12

Balkis, M. (2013). "Academic Procrastination, Academic Life Satisfaction And Academic Achievement: The Mediation Role Of Rational Beliefs About Studying." Journal of Cognitive and Behavioral Psychotherapies 13(1): 57-74.

Boekaerts, M. (1999). Self-Regulated Learning: Where We Are Today. International Journal Of Education Research 31: 445-457

Cahyadi, S. (2016). Hubungan Achievement Emotions dan Self Regulation Mahasiswa Dalam Mengerjakan Skripsi

Dwi, A. P & Fathoni, A. (2016). Hubungan minat baca dan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas atas Di SM Muhammadiyah Baturan Tahun Ajaran 2015/2016. UMS. Skripsi

Elpidia, N.A. (2014). Skripsi. Perbedaan Prestasi Akademik Mahasiswa Yang Bekerja Ditinjau Dari Self Regulated Learning. Universitas Muhammadiayah Malang

Eryanto, H., & Swaramarinda, D.R (2013). Pengaruh Modal Budaya, Tingkat Pendidikan Orang Tua Dan Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Vol 1 no 1 (2013) jurnal ekonomi dan bisnis

Ferrari, J. R. (1991). Compulsive Procrastination: Some Self-Reported Characteristics. Psychological Reports, 68(2), 455. https://doi.org/10.2466/PR0.68.2.455-458

Fitriani, Dila. (2016). Pengaruh motivasi belakar, interaksi sosial antara teman sebaya dan prokrastinasi akademik terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi perbankan di SMK Muhammadiyah Gondanglegi. Skripsi. UM fak ekonomi

Giovany, G.A. (2014). Deskripsi Self Regulated Learning dan Prokrastinasi pada Mahasiswa Pascasarjana Fakultas Psikologi Universitas Surabaya.

Hamjah, S.H, Rozali, E.A., Rasit, R.M, Ismail, Zainab. (2012). Perkaitan Amalan Spiritual Dengan Pencapaian Akademik. AJTLHE: Asean Journal of Teaching and Learning in Higher education issn 1985-5826

Jelas, Z.M., Rahman, Saemah, Baki, R., & Ahmad, J. (2005). Prestasi Akademik Mengikuti Gender. Jurnal pendidikan malaysia issn 0126-6020/2180-0782

Kadi, Ari P.U. (2016). Hubungan kepercayaan diri dan self regulated learning terhadap prokrastinasi akademi pada mahasiswa psikologi 2013 (mahasiswa fakultas psikologi mulawarman). ejurnal psikologi, 2016 4(4): 457-471

Latipah, E. (2010). "Strategi Self Regulated Learning dan Prestasi Belajar: Kajian Meta Analisis." Jurnal Psikologi 37(1): 110-128

Lestari, Puji & Suparlinah, Irianing. (2010). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi. Vol 11, no 2 (2010). Jurnal manajemen dan akuntasi

Maslihah, Sri (2011). Studi Tentang Hubungan Dukungan Sosial, Penyesuaian Sosial Di Lingkungan Sekolah Dan Prestasi Akademik Siswa SMPIT Assyfa Boarding School Subang Jawa Barat. Doi:10.14710/jpu.10.2.103-114. Vol 10, no 2

Muhid, A. (2009). "Hubungan antara self-control dan self-Efficacy dengan kecenderungan perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa." Journal

Noor, J. (2011). Metode Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Pintrich, P.R,. (1999). Motivational and self regulated learning components of classroom academic performance. The American Psychological Association, Inc

Puspitasari, W. (2013). Hubungan Antara Manejemen Waktu Dan Dukungan Sosial Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Yang Bekerja. Vol 2 no 1 juli 2013 jurnal emphaty jurnal fakultas psikologi

Putra, J.H. (2016). Hubungan Antara Regulasi Diri Dan Komunikasi Interpersonal Dalamkeluarga Denan Prokrastinasi Akademik Pada Remaja Pengguna Game Onlinedi Kecamatan Banjarsari Surakarta. Thesis UNS

Rustika, I.M. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Pada Remaja. Disertasi S3 UGM

Savira & Suharsono. (2013). Self-Regulated Learning (SRL) Dengan Prokrastnasi Akademik Pada Siswa Akselerasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan (JIPT) 1(1)

Shaleh, Mihayati. (2014). Pengaruh Motivasi, Faktor Keluarga, Lingkungan Kampus Dan Aktif Berorganisasi Terhadap Prestasi Akademik. Jurnal pendidikan mipa vol 4, no 2

Sugiyo, sugiyo; Sumardi; Supriyanto, Eko. (2016). Kontribusi sosial ekonomi orang tua, motivasi dan saran pembelajaran terhadap kemandirian dan dampaknya pada hasil belajar kimiakelas X Mia Man 2 Sragen. Thesis UMS

Sumantri, bambang. (2010). Pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK PGRI 4 Ngawi Tahun Pelajaran 2009/2010. jurnal media prestasi vol 6 no 3

Tice, Dianne, M., & Baumeister, R.F. (1997). Longitudinal Study of Procrastination, Performance, Stress, and Health: The Costs and Benefits of Dawdling. Psychological Science. APS Volume 8, Issues 6

Saraswati, Putri & Setiawan, Fredy N. (2017). Supporting and Inhibiting Aspects of the Students’ Learning Concentration and Academic Achievement. International Conference on Higher Education Enchancing Competitiveness In Asia. UB Oktober 2017

Sunarsih, tri. (2010). Hubungan Antara Motivasi Belajar, Kemandirianbelajar Dan Bimbingan Akademik Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Di Stikes A. Yani Yogyakarta

Ulfa, Maria. (2014). Skripsi. Hubungan Antara Perfeksionis Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Remaja. Universitas Muhammadiyah Malang

Ursia, N. R., et al. (2013). "Prokrastinasi Akademik Dan Self-Control Pada Mahasiswa Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya-Academic Procrastination And Self-Control In Thesis Writing Students Of Faculty Of Psychology, Universitas Surabaya." Makara Seri Sosial Humaniora 17(1): 1-18

Vons, K. D & Baumeister, Roy F. Handbook of Sel-Regulation Second Edition Research, Theories, and Aplication. New York: Guilford Publication

Warsito, H. (2009). Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Penyesuaian Akademik Dan Prestasi Akademik (Studi Pada Mahasiswa FIP Universitas Negeri Surabaya). Vol 9, no 1

Zain, N., & Wahyuni, S.S. (2015). Self regulated learning dan prokrastinasi: studi pada siswa SMK Panca Karya Tangerang. Jurnal pendidikan ekonomi dan bisnis vol 3 no 2, 2015

Zhang, L.J. (2016). Aquestionnaire-Based Validation Of Multidemensional Models Of Self Regulated Learning Strategies. DOI: 10.1111/modl.12339

Zimmerman, B.J. (1989). A social cognitive view of self-regulated academic learning. Journal of educational psychology

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.