HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DAN ACCEPTANCE OF DISSABILITY PADA TUNADAKSA

Cakra Handika Putra(1), Resnia Novitasari(2),


(1) Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia
(2) Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan hubungan antara dukungan sosial, dan acceptance of disability pada Tuna daksa. Populasi dari penelitian ini adalah penyandang cacat sebanyak 48 orang. Hipotesis penelitian ini memiliki hubungan positif antara dukungan sosial dan acceptance of disability pada tuna daksa. Untuk menguji hipotesis penelitian, peneliti melakukan pengumpulan data menggunakan Acceptance of Disability Scale (ADS) yang diterjemahkan dan Multidimensional Scale of Perceived Social Support yang telah diterjemahkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara Dukungan Sosial dan Penerimaan pada Orang Cacat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasi dari product moment. Analisis korelasi menunjukkan nilai koefisien r = 0,396 dengan signifikansi p = 0,003 (p <0,01) sehingga hipotesis diterima.

 

Abstract. This study aimed to determined the relationship between Social Support and Acceptance of Disability at Handicapped. The population of this study were handicapped with 48 people. The hypothesis of this study had a positive relationship between Social Support and Acceptance of Disability at Handicapped. To test the hypothesis of the study, researchers conducted a data collection using translated Acceptance of Disability Scale (ADS) and translated Multidimensional Scale of Perceived Social Support. The results showed that there is a relationship between Social Support and Acceptance of Disability at Handicapped. Data analysis technique that used in this study is correlation technique from product moment. Correlation analysis showed the value of the coefficient r = 0.396 with significance p = 0,003 (p < 0,01) so that the hypothesis accepted.

Keywords

Social Support, Acceptance of Disability, Non Congenital Handicapped

Full Text:

PDF

References

Difabel News. (2010). Membangun motivasi dan penerimaan diri terhadap difabel. Edisi VII Th X Maret 2010. Yogyakarta: Sapda.

Groomes, D. A. G & Linkowski, D. C. (2007). Examining the Structure of the Revised Acceptance Disability Scale. Journal of Rehabilitation, 73(3), 3-9.

Gunarsa, S.D. (2006). Bunga Rampai Psikologi Perkembangan “Dari Anak sampai usia Lanjutâ€. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Hendri, D (2016). Usai Kecelakaan, Siswa ini Jalani UNBK dengan Tiga Jari. http://gresiknews.co/2016/04/usai-kecelakaan-siswa-ini-jalani-unbk-dengan-tiga-jari/

Jiao. J., Heyne, M. M & Lam, C. S. (2012). Acceptance of Disability among Chinese Individuals with Spinal Cord Injuries: The Effects of Social

Support and Depression. Illinois Institue of Tehcnology. Vol.3, 775-781

Li, L & Moore, D. (1998). Acceptance of Disability and Its Correlates. Journal of Social Psychology, 138(1), 13-25.

Masyithah, D. (2012). Hubungan Dukungan Sosial dan Penerimaan Diri pada Penderita Pasca Stroke. Skripsi. Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Oktaviana, I. A. (2012). Subsidi untuk

Penyandang Disabilitas. https://gagasanhukum.wordpress.com /2012/04/23/subsidi-untuk-penyandang-disabilitas/

Purnaningtyas, A. A. (2013). Penerimaan Diri Pada Laki-laki Dewasa Penyandang Disabilitas Fisik Karena Kecelakaan.

Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan.

Riyanto, T. (2006). Jadikan Dirimu Bahagia. Yogyakarta: Kanisius

Somantri, S. T. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Zhang, T., Shi, C., Hu, A., Xu. H., Zheng, M., Liang, M. (2014). Correlation between Acceptance of Disability and Social Relational Quality in Patients

with Colostomy. International Journal of Nursing Sciences, 1, 102-106.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.