EFEKTIVITAS MEMBACA AL-QUR’AN UNTUK MENURUNKAN STRES AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KEBUMEN
(1) Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
(3) Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
Abstract
Stres adalah suatu keadaan atau kondisi tertekan baik secara fisik maupun psikologis pada
seseorang yang disebabkan karena ketidakyakinan atau ketidakmampuan dalam mengatasi
peristiwa-peristiwa yang dialaminya. Sedangkan stres yang terjadi di lingkungan sekolah atau
pendidikan disebut stres akademik, yang mana ada ketidaksesuaian kondisi atau keadaannya
antara tuntutan lingkungan dengan sumber daya aktual yang dimiliki siswa sehingga mereka
semakin terbebani oleh berbagai tekanan dan tuntutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui efektivitas membaca Al-Qur‟an untuk menurunkan stres akademik. Membaca Al-
Qur‟an merupakan salah satu metode untuk menurunkan stres. Penelitian ini ingin mengetahui
kefektifan membaca Al-Qur‟an dalam menurunkan stres akademik. Penelitian ini merupakan
penelitian eksperimen dengan desain yang digunakan yaitu Matched Statistic Group Design.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kebumen yang berjumlah 20 orang,
yang dibagi menjadi 10 orang kelompok eksperimen dan 10 orang kelompok kontrol.
Pengumpulan data dilakukan untuk mengungkap stres yang dialami pada subjek yaitu dengan
menggunakan skala stres dari instrumen DASS milik Lovibond & Lovibond (1995) yang telah
diadaptasi. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji wilcoxon signd rank pada kelompok
eksperimen sebesar z = -2,701 dengan taraf signifikansi sebesar p = 0,007. Sedangkan pada
kelompok kontrol, nilai z = -2,264 dengan nilai signifikansi sebesar p = 0,024. Maka dapat
dikatakan bahwa hipotesis diterima karena nilai signifikansi kelompok eksperiemn p = 0,007
lebih kecil dari pada α = 0,05. Dan dapat disimpulkan bahwa membaca Al-Qur‟an efektif untuk
menurunkan stres akademik pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kebumen.
Â
Abstract.Â
Stress is a state or condition depressed both physically and psychologically to a person caused by an
inability or inability to overcome the events that happened. While the stress that occurs in the school
or educational environment called academic stress, which there is a mismatch condition or
circumstance between the demands of the environment with the actual resources owned students so
they are burdened by various pressures and demands. The purpose of this research is to determine the
effectiveness of reading the Qur'an to reduce academic stress. Reading the Qur'an is one method to
reduce stress. This research wanted to know the effectiveness of reading the Qur'an in reducing
academic stress. This research is an experimental research with the design used is Matched Statistic
Group Design. The subjects of this study were students of class XI SMA Negeri 1 Kebumen which
amounted to 20 students, divided into 10 experimental group and 10 control group. Data collection
was conducted to reveal the stress experienced on the subject by using the stress scale of the Lovibond
& Lovibond (1995) DASS instrument that has been adapted. The result of research shows that the
result of wilcoxon signd rank test in the experimental group is z = -2,701 with significance level of p
= 0,007. While in the control group, the value of z = -2.264 with a significance value of p = 0.024.
Then it can be said that the hypothesis is accepted because the significance value of the experimental
group p = 0.007 is smaller than α = 0.05. And it can be concluded that reading Qur'an is effective to
reduce academic stress in students of class XI SMA Negeri 1 Kebumen.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrochman, A., Wulandari, R., & Fatimah.
(2007). The Effect of The Qur'anic
Recital : an AEP Study. J. Sains
MIPA, 181-186.
Anggraieni, W. N., & Subandi. (2014).
Pengaruh Terapi Relaksasi Zikir untuk
Menurunkan Stres pada Pederita
Hipertensi Esensial. Jurnal Intervensi
Psikologi, 81-102.
Badri, M. A., Davis, D., & Davis, D. (1995). A
Study of Measuring the Critical
Factors of Quality Management.
International Journal of Quality &
Reliability Management, 36-53.
Darabina, M., Gorji, A. M., & Afzali, M. A.
(2017). The Effect of the Quran
Recitation on Mental Health of the
Iranian Medical Staff. Journal of
Nursing Education and Practice, 30-
Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan
Peserta Didik. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Erita. (2014). Pengaruh Membaca Al-Qur'an
dengan Metode Tahsin terhadap
Depresi pada Lansia di Panti Sosial
TResna Werdha Unit ABiyoso Pakem
Yogyakarta. -, 1-21.
Faradisi, F. (2012). Efektivitas Terapi Murotal
dan Terapi Musik Klasik terhadap
Penurunan Tingkat Kecemasan Pasien
Pra Operasi di Pekalongan. Jurnal
Ilmiah Kesehatan, 1-10.
Gusniarti, U. (2002). Hubungan antara
Persepsi Siswa Terhadap
Tuntutan dan Harapan Sekolah dengan
Derajat Stres Siswa Sekolah Plus.
Psikologika, 53-68.
Hanum, L., Kawuryan, F., & Dhania, D. R.
(2013). Hubungan antara Harapan
Orang Tua dan Keyakinan Diri dengan
Stres Akademik Siswa Kelas
Unggulan. Seminar Nasional Psikologi
"Aktualisasi Potensi Anak Bangsa
Menuju Indonesia Emas", 81-96.
Irawati, P., & Lestari, M. S. (2017). Pengaruh
Membaca Alquran terhadap
Penurunan Tekanan Darah pada Klien
dengan Hipertensi di RSK dr. Sitanala
Tanggerang. Jurnal Ilmiah
Keperawatan Indonesia, 35-45.
Julianto, V., & Subandi. (2015). Membaca Al
Fatihah Reflektif Intuitif untuk
Menurunkan Depresi dan
Meningkatkan Imunitas. Jurnal
Psikologi, 34-46.
Kazemi, M., Ansari, A., Tavakoli, M. A., &
Karimi, S. (2003). The Effect of the
Recitation of Holy Quran on Mental
Health in Nursing Students of
Rafsanjan University of Medical
Sciences. Journal of Rafsanjan
University of Medical Sciences and
Health Services, 52-57.
Khan, N., Ahmad, N. B., Beg, A., Fakheraldin,
Abdalla, A. N., Wahab, N. M. (2010).
Mental and Spiritual Relaxation by
Recitation of the Holy Quran. Second
International Conference on Computer
and Developmental, 863-867.
Kompasiana.com. (2014, Mei 18). Ujian
Nasional, Hanya Indonesia yang
Bisa Begini... Tragis! Dipetik
September 9, 2017, dari
Kompasiana:https://www.kompasiana.
com /danielht/ujian-nasional-hanyaindonesia-
yang-bisa-beginitragis_
f74ca8a333117d2d8b4584
Lovibond, P. F., & Lovibond, S. H. (1995).
The Structure of Negative Emotional
States: Comparison of The Depression
Anxiety Stress Scale (DASS) with The
Beck Depression and Anxiety
Inventories. Behav. Res. Ther. Vol. 33,
-343.
Mahjoob, M., Nejati, J., Hosseini, A.,
Bakhshani, N. M. (2014). The Effect
of Holly Quran Voice on Mental
Health. J. Religi Health, 1-5.
Mirza, I. (2014). Sehat dengan Al-Quran :
Terapi dan Stimulasi Qurani.
Bandung: Salamadani.
Misra, R., & McKean, M. (2000). College
Students' Academic Stress and its
Relation to Their Anxiety, Time
Management, and Leisure Satisfaction.
American Journal of Health Studies,
Mulyadi, Hidayah, R., & Mahfur, M. (2012).
Kecemasan dan Psikoterapi Islam. -,
-31.
News, A. (2011, Desember 21). Catatan Akhir
Tahun 2011Komisi Nasional
Perlindungan Anak. Dipetik
September 9, 2017, dari Ayom
News: https://komnaspa.wordpress.c
om/2011/12/21/catatan-akhir-tahun-
-komisi-nasional-perlindungananak/
Pashib, M., Khaqani, F., Bahrainian, A., &
Abedi, A. (2014). Investigation of the
Effectiveness of Quran Recitation and
Teachings on Depression of Female
Student of Tobat-E-Heidariye
University. Journal of Applied
Environmental and Biological
Science, 137-140.
Salve, H. R., & Prabowo, H. (2007). Tritmen
Meta Music untuk Menurunkan Stres.
Proceeding PESAT (Psikologi,
Ekonomi, Sastra, Arsitek & Sipil),
B65-B70.
Santrock, J. W. (2007). Remaja Jilid 2, Edisi
Kesebelas. Jakarta: Erlangga.
Ulfah, E. (2013). Intervensi Spiritual
Emotional Freedom Technique untuk
Menurunkan Gangguan Stres Pasca
Trauma Erupsi Gunung Merapi.
Journal of Education, Health and
Community Psychology, 38-57.
Utami, S. D. (2015). Hubungan antara Efikasi
Diri dengan Stres Akademik pada
Siswa Kelas XI di MAN 3 Yogyakarta.
Yogyakarta: Skripsi Universitas
Negeri Yogyakarta.
Yudhani, E., Suharti, V., Adya, A., Utami, E.
S. (2017). Efektivitas Membaca dan
Mentadabburi Al-Qur'an dalam
Menurunkan Kecemasan Siswa yang
Akan Menghadapi Ujian Sekolah.
Jurnal Psikoislamedia, 23-31.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.