Analisis Perilaku Menyontek dan Rancangan Perubahan Perilaku pada Siswa SMP

Alexius Andiwatir(1), Aliyil Khakim(2),


(1) Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya
(2) Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya

Abstract

Perilaku menyontek merupakan permasalahan klasik yang terjadi di dalam system pendidikan Indonesia. Sayangnya masalah ini kurang ditanggapi secara serius oleh guru, sekolah maupun pihak-pihak yang terkait sehingga perilaku menyontek masih terus terjadi sampai saat ini.  Perilaku menyontek bukan merupakan cara yang benar untuk memperoleh nilai tinggi. Dampaknya, masyarakat akan menjadi permisif terhadap perilaku menyontek. Hal ini akan berdampak pada kaburnya nilai-nilai moral dalam setiap aspek kehidupan dan pranata sosial dan bahkan bisa melemahkan kekuatan masyarakat karena nilai-nilai kejujuran dan kerja keras sering diabaikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian yang digunakan adalah bentuk penelitian yang memusatkan perhatian pada suatu kasus secara intensif dan mendetail, subjek yang diselidiki terdiri dari satu kesatuan unit yang dipandang sebagai kasus dan subjek kasus dalam penelitian ini adalah peserta didik yang menyontek saat ulangan. Dari hasil penelitian ini disimpulkan beberpa poin yang diperoleh dari subjek yaitu karakteristik perilaku mencontek, factor internal dan eksternal dari perilaku mencontek, serta rancangan perubahan perilaku


Cheating behavior is a classic problem that occurs in the Indonesian education system. Unfortunately, this problem is not taken seriously by teachers, schools and related parties so that cheating behavior continues to this day. Cheating behavior is not the right way to get high scores. As a result, the community will become permissive to cheating behavior. This will have an impact on the blurring of moral values in every aspect of life and social institutions and can even weaken people's strength because the values of honesty and hard work are often ignored. The research method used is descriptive method with the form of research used is a form of research that focuses attention on a case intensively and in detail, the subject under investigation consists of one unit unit which is seen as a case and the case subject in this study is students who cheat when repeat. From the results of this study it was concluded that some points obtained from the subject were the characteristics of cheating behavior, internal and external factors of cheating behavior, and the design of behavior changes

Keywords

Perilaku menyontek, perubahan perilaku

Full Text:

PDF

References

Ajzen I, Fishbein, MF. (1985). Understanding Attitudes And Predicting Social Behavior. Englewood Clits. New York: Prentice Hall.

Aryani, Farida. 2013. Studi Tentang Faktor-faktor Penyebab Perilaku Plagiat Mahasiswa UNM. Jurnal Forum Ilmiah dan Semianar Internasional. Vol:1No.1 Ervi,

Yeti Azwar, S. 2003. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Hartanto, Dody. 2012. Bimbingan dan Konseling Menyontek Mengungkapkan Akar Masalah dan Solusinya: Yogyakarta : PT. Indeks

Kushartanti, Anugrahening. 2009. Perilaku Menyontek di Tinjau dari Kepercayaan Diri. Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi. Vol: 11 No. 2

Musslifah, A. R. (2012). Perilaku Menyontek Siswa Ditinjau Dari Kecenderungan Locus Of Control. Talenta psikologi , Vol. 1, No. 2, 137-150.

Wanda Chrisiana, Upaya Penerapan Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa (Studi Kasus Di Jurusan Teknik Industri Uk Petra), Makalah pada Fakultas Teknologi Industri, Jurusan Teknik Industri, Universitas Kristen Petra Surabaya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.