Pengaruh Kepuasan Konsumen terhadap Repurchase Intention
(1) Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang Gedung A1, Kampus Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah
(2) Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang Gedung A1, Kampus Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah
(3) Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang Gedung A1, Kampus Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah
Abstract
Abstrak. Meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap laptop membuat persaingan antar produsen laptop semakin ketat. Selain digunakan dalam lingkungan perkantoran, laptop merupakan barang yang wajib dimiliki oleh mahasiswa sebagai penunjang perkuliahan. Laptop merupakan komputer dengan mobilitas tinggi dan dinilai lebih praktis dibandingkan dengan desktop computer. Desain dan fitur laptop yang berubah-ubah sesuai perkembangan jaman, membuat para pengguna laptop tertarik untuk mengganti laptop lama mereka dengan laptop keluaran terbaru. Hal tersebut membuat persaingan yang cukup ketat diantara produsen-produsen laptop di Indonesia. Repurchase intention dari pelanggan merupakan tujuan terpenting bagi keberhasilan perusahaan agar bertahan ditengah ketatnya persaingan dengan produsen produk sejenis. Pengelolaan produk perlu dilakukan untuk menciptakan kepuasan konsumen serta membangun dan mempertahankan pelanggan yang dapat membawa keuntungan bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara customer satisfaction terhadap repurchase intention laptop merek Asus oleh mahasiswa Universitas Negeri Semarang, (2) untuk mengetahui gambaran customer satisfaction mahasiswa Universitas Negeri Semarang pada laptop merek Asus, dan (3) untuk mengetahui gambaran repurchase intention mahasiswa Universitas Negeri Semarang pada laptop merek Asus. Penelitian dilakukan kepada 196 mahasiswa Universitas Negeri Semarang pengguna laptop merek Asus. Sampel diambil menggunakan teknik incidental sampling. Pengumpulan data menggunakan skala customer satisfaction (39 aitem valid) dan skala repurchase intention (25 aitem valid). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian yaitu “ada pengaruh customer satisfaction terhadap repurchase intention pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang†diterima. Selain itu, hasil yang ditunjukkan dalam penelitian ini yaitu gambaran repurchase intention berada pada kategori sedang dan customer satisfaction berada pada tinggi.
Kata Kunci : customer satisfaction, repurchase intention, mahasiswa.
Abstract. The increasing of society requirement for laptops create intense competition among laptop manufacturers. In addition to being used in office, it is also one of the needs that must be owned by students in college. Laptop is a computer with high mobility and more efficient than desktop computers. The laptop’s design and features is changing according to the technological developments, makes laptop users interested in replacing their old laptop with the new one. It makes intense competition among laptop manufacturers in Indonesia. Repurchase intention from customers is the most important goal for the success of the company to survive amid the intense competition with similar products manufacturers. Product management needs to be done to make customer satisfaction as well as build and retain customers that can bring benefits to the company. The aims of this study were: (1) to find out whether or not the influence of customer satisfaction on repurchase of Asus brand laptop by Semarang State University Students, (2) to find out the description of customer satisfaction of Semarang State University students on Asus brand laptop, (3) to find out the description of repurchase intention of Semarang State University students on Asus brand laptop. This study was conducted on 196 students of Semarang State University as Asus brand laptop users. Samples were taken using an incidental sampling technique. Data collection used customer satisfaction scale (39 valid aitems) and repurchase intention scale (25 valid aitems). The results of this study indicated that the hypothesis proposed in the study, which there was influence of customer satisfaction on repurchase intention in collage student of Semarang State University, was received. The results of this study indicated that the description of repurchase intention was in the medium category and customer satisfaction was in the high category. Coefficient of correlation rxy = 0,766 with p = 0,000 (p<0,05).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alia, S. S. (2017). PT.Viva Media Baru. Retrieved Desember 28, 2017, from Viva.co.id: https://www.viva.co.id/digital/piranti/889834.
Ardhanari, M. (2008). Customer Satisfaction Pengaruhnya terhadap Brand Preference dan Repurchase Intention Private Brand. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 58-69.
Belopa, E. M. (2015). Hubungan Kepercayaan Merek dan Persepsi Kualitas dengan Minat Beli Ulang Produk Kecantikan Silver International Clinic Balikpapan. ejournal Psikologi Fisip Unmul, 659-671.
Hawkins, D. I., Roger, J. B., & Kenneth, A. C. (1998). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy. New York: McGraw Hill.
Kotler, P., & Amstrong. (1997). Marketing An Introduction . New Jersey: Prentice Hall International.
Kuntjara. (2007). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Konsumen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Kusdyah, I. (2012). Persepsi Harga, Persepsi Merek, Persepsi Nilai, dan Keinginan Pembelian Ulang Jasa Clinic Kesehatan (Studi Kasus Erha Clinic Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran, 7(1), 25-32.
Pratama, A. H. (2016, April 12). Tech In Asia Community. Retrieved Desember 28, 2017, from Tech In Asia Web Site: http://id.techinasia.com.
Putri, L. H. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pembelian Ulang Konsumen Terhadap Produk Naget Delicy. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 162-170.
Sidharta, T. (2008). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Kembali Konsumen. Surakarta: Universitas Sebelas Maret .
Teresia. (2013). Dinamika Repurchase pada Online Shopper . Medan: Universitas Sumatera Utara.
Tetanoe, V. R., & Dharmayanti, D. (2014). Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening di Breadtalk Surabaya Town Square. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1-12.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.