E-DARLINK Guru AUD (Upaya untuk Meningkatkan Perilaku Kesadaran Lingkungan pada Anak Usia Dini)

Binta Mu'tiya Rizki(1), Sri Maryati Delia(2), Andromeda Andromeda(3), Aura Narendra(4),


(1) Department of Psychology, Faculty of Education, Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
(3) Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
(4) Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Abstract

Persoalan lingkungan merupakan salah satu isu terpenting di Indonesia. Persoalan tersebut tentunya tidak terlepas dari perilaku kesadaran individu terhadap pelestarian lingkungan. Kegiatan untuk meningkatkan perilaku sadar lingkungan sejak dini perlu untuk diupayakan, salah satunya yaitu melalui E-Darlink (Edukasi Sadar Lingkungan). Kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi lingkungan dan kesempatan pada guru untuk berdiskusi terkait metode pembelajaran yang dapat diterapkan pada anak usia dini. Subjek dalam kegiatan ini adalah guru-guru anak usia dini yaitu guru TK (Taman Kanak-Kanak) dan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)/ KB (Kelompok bermain). Metode yang digunakan adalah psikoedukasi, yang terdiri dari beberapa sesi, diantaranya adalah pretest, pemberian materi, diskusi, simulasi alat peraga sadar lingkungan dan posttest. Instrumen pengukuran yang digunakan dalam kegiatan ini berupa alat tes untuk mengetahui kemampuan peserta terkait masalah kesadaran lingkungan dan metode belajar yang nantinya dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan pada anak usia dini. Hasil analisis data diperoleh adanya perbedaan yang signifikan pada pengetahuan tentang kesadaran lingkungan antara sebelum dan sesudah kegiatan. Dengan menggunakan software statistik, uji perbedaan menggunakan uji t (paired test), diketahui nilai t= 6,424 dan p= 0,000 (p<0,001), dengan taraf signifikansi p < 5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kegiatan E-Darlink berlangsung efektif untuk meningkatkan pengetahuan guru mengenai kesadaran lingkungan. Manfaat lain dari kegiatan ini para Guru juga mengalami peningkatan pengetahuan tentang metode belajar untuk menanamkan kesadaran lingkungan pada anak usia dini.

Environmental issues are one of the most important issues in Indonesia. The issue is certainly inseparable from the behavior of individual awareness of environmental preservation. Environmental awareness behavior needs to be sought early, one of which is through E-Darlink (Environmental Awareness Education). The purpose of this study was to determine the effectiveness of the E-darlink Activity in increasing the environmental awareness of the Early Childhood Teachers. Subjects in this study were early childhood teachers, namely kindergarten teachers (kindergarten) and PAUD (Early Childhood Education) / KB (playgroup). The method used in this study is a quantitative experiment with one group pretest posttest design. The treatment given is in the form of psychoeducation, which consists of several sessions, including pretest, giving material, discussion, simulation of environmental conscious props and posttest. The instrument used to determine the effectiveness of this activity was in the form of tests to measure participants' knowledge related to environmental awareness and learning methods to increase environmental awareness in early childhood. The sampling technique uses purposive sampling, with data analysis techniques using the t test (paired test). The results of data analysis using data processing software obtained the value of t = 6.424 and p = 0,000 (p <0.001), with a significance level of p <5%. Based on the results of data analysis, there are significant differences in knowledge about environmental awareness between before and after the activity, so it can be concluded that the E-Darlink activity can increase teacher knowledge about environmental awareness and learning methods which can later be used to increase environmental awareness in Early Childhood.

Keywords

E-Darlink, Early Childhood Education

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.