Pengintegrasian Karakter Konservasi dalam Pembelajaran Mata Kuliah Pendidikan Karakter Sebagai Media Pembelajaran Karakter Bagi Mahasiswa Psikologi FIP UNNES

Abdul Azis(1), Abdul Haris Fitrianto(2), Abdul Haris Fitrianto(3),


(1) Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
(3) Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan karakter konservasi dalam proses pembelajaran MK Pendidikan Karakter dan mengungkap sebuah model penanaman karakter konservasi yang sesuai dengan kurikulum MK Pendidikan Karakter. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data yang akurat dalam penelitian ini adalah observasi (pengamatan), angket (kuesioner) dan interview (wawancara). Data kualitatif yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik deskriptif model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengintegrasian karakter konservasi dalam MK Pendidikan Karakter, ada beberapa tahap pengintegrasian karakter konservasi, yakni: tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Tahap perencanaan dimulai dengan analisis kompetensi dasar, pengembangan silabus berkarakter, penyusunan RPP berkarakter, dan penyiapan bahan ajar berkarakter. Tahap pelaksanaan dalam kegiatan pembelajaran meliputi tahapan ice-breaking atau pendahuluan, inti, dan penutup dipilih dan dilaksanakan agar peserta didik mendiskusikan dan mempraktikkan nilai-nilai karakter konservasi yang ditargetkan. Dalam tahapan evaluasi, peneliti membuat instrumen penilaian yang dilengkapi dengan rubrik penilaian untuk menghindari penilaian yang subjektif, baik dalam bentuk instrumen penilaian pengamatan (lembar pengamatan) maupun instrumen penilaian skala sikap. Hasil dari analisis interview dan kuesioner mengungkapkan bahwa mahasiswa memahami pentingnya karakter dalam pembentukan manusia seutuhnya dan perannya dalam perlindungan alam (konservasi).

 

This research aims to integrate the conservation characters in Character Education learning process and unveil a model of conservation plantings character in accordance with the Character Education curriculum. This research is a qualitative descriptive study. The instruments in this study are observation, questionnaire, and interview. Qualitative data were analyzed using descriptive techniques interactive model. The results showed that the integration of conservation character in the Character Education, there are several stages of integration of the character of conservation : planning, implementation, and evaluation of learning. The planning stage begins with an analysis of basic competence, character syllabus development, the preparation of RPP character, and preparation of teaching material character. The implementation phase in the learning activities include ice-breaking stage or introductory, core, and the cover chosen and implemented so that learners discuss and practice the values of conservation targeted character. In the evaluation phase, the researchers made the assessment instrument is equipped with a scoring rubric to avoid subjective judgments, whether in the form of assessment instruments of observation (observation sheet) as well as the attitude scale assessment instrument. Results showed that students understand the importance of character in the formation of the whole man and his role in the protection of nature (conservation).

Keywords

Conservation Character; Character Education Subject; Student

Full Text:

PDF

References

Badan Pusat Statistik (BPS). 2011. Profil Kriminalitas Remaja 2010. Badan Pusat Statistik: Jakarta.

Freeman, M. (2011). From ‘character‐training’to ‘personal growth’: the early history of Outward bound 1941–1965. History of Education, 40(1), 21-43.

Kemendiknas. 2011. Rencana Aksi Nasional Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendiknas.

Kvale, S., & Brinkmann, S. (2009). Interviews: Learning the craft of qualitative research interviewing. Sage.

Lickona, T. 1992. Educating for Character: How our schools can teach respect and responsibility. New York: Bantam Books.

Lickona, T. (1996). Eleven principles of effective character education. Journal of moral Education, 25(1), 93-100.

Lickona, T. 2004. Character Matters: How to help our children develop good judgment, integrity, and other essential virtues. New York: Touchstone.

_______. 2009. Naskah Akademik Universitas Konservasi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

_______. 2012. Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Konservasi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.