MORAL JUDGMENT PADA SISWA KELAS IX DI MTS AL-ASROR TAHUN 2015 DITINJAU DARI LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL (PONDOK PESANTREN DAN RUMAH)

Destiana Patrikasari(1), Sri Maryati Deliana(2),


(1) Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Jawa Tengah
(2) Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Jawa Tengah

Abstract

Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilandasi oleh banyaknya fenomena kenakalan remaja mulai dari merokok, tawuran, narkoba, hingga seks bebas yang kini makin marak dalam kehidupan sehari-hari. Karena timbulnya kenakalan remaja ini seringkali dikatakan adanya krisis moral pada remaja. Moral judgment yang merupakan salah satu komponen perilaku moral seringkali diteliti karena banyaknya pandangan berbeda tentang moral judgment itu sendiri. Beberapa ahli sepakat bahwa moral terbentuk juga karena pengaruh dari lingkungan.Metode penelitian merupakan kuantitatif komparatif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan dari moral judgment yang ditunjukkan oleh siswa kelas IX MTs Al-Asror dilihat dari lingkungan tempat tinggalnya, yaitu mereka yang tinggal dirumah dan mereka yang tinggal di pondok pesantren, subjek penelitian merupakan 80 siswa kelas IX MTs Al-Asror, yang terbagi dalam 2 kelompok yaitu 40 siswa merupakan siswa yang tinggal di rumah dan 40 siswa yang tinggal di pesantren dengan menggunakan teknik random sampling.Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data merupakan skalaMoral Judgment. Berdasarkan data penelitian menunjukkan bahwa moral judgment yang ditunjukkan oleh siswa kelas IX MTs Al-Asror tidak menunjukkan adanya perbedaan moral judgment yang ditunjukkan oleh siswa kelas IX baik mereka yang tinggal di rumah ataupun pesantren, rata-rata berada pada kategori sedang. Dari hasil penelitian tersebut peneliti memberikan saran agar pembimbing dari siswa kelas IX ini baik orangtua maupun pengurus pondok sebaiknya meningkatkan kepedulian sehingga tercipta lingkungan yang kondusif bagi remaja untuk bisa memaksimalkan perkembangan remaja.

Abstract. This research based on phenomen the number of juvenile delinquency ranging from smoked, brawl, drugs, to sex is now more prevalent in everyday life. Because the incidence of juvenile delinquency is often said to be the moral crisis in adolescents. Moral judgment, which is one component of moral behavior is often observed because of the many different views about the moral judgment itself. Some experts agree that morals are formed as well as the influence of the environment.The research method is comparative quantitative. This research was conducted in order to determine whether there are differences of moral judgment shown by students of class IX MTs Al-Asror seen from the neighborhood, those who stay at home and those living in the boarding school, the subject of the research is 80 students of class IX MTs Al-Asror, were divided into 2 groups: 40 students are students living at home and 40 students who live in boarding schools using random sampling techniques.The instruments used in data collection is a fiscal Moral Judgment. Based on research data shows that moral judgment shown by students of class IX MTs Al-Asror showed no difference in moral judgment shown by students of class IX both those who live in homes or schools, the average in middle category.From these results the researchers advise that students of class IX supervisor of both parents and caretaker's cottage should raise awareness so as to create a conducive environment for teens to be able to maximize the development of adolescents.

Keywords

moral judgment, adolescence

Full Text:

PDF

References

Ali, Mohammad & Asrori, Mohammad. 2011. Psikologi Remaja:Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Bumi aksara

Horrocks, John.E. 1976. The Psychology of Adolescence. USA: Houghton Mifflin Company

Hurlock, E.B. 1978. Psikologi Perkembangan: Jilid 2 (ed.keenam). Jakarta: Erlangga

__________. 1980. Psikologi Perkembangan(Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Hidup). Jakarta: Erlangga

Maharani, Ratna. 2013. “Perilaku Moral Remaja dari Keluarga Karier Ganda”. Jurnal Online Psikologi.Vol.1. No.2.hal:493-502

Mukhoyyaroh, Tatik. 2012. “Penalaran Moral Remaja Perempuan Ditinjau dari Konformitas dan Lingkungan Tempat Tinggal. Jurnal Penelitian Psikologi. Vol.3. No.1.hal: 355-366

Rest, J. 1979. Development in Judging Moral Issues. Minneapolis: University of Minnesota

Rest, J., Narvaez, D., Bebeau, M., &Thoma, S. (1999). A neo-Kohlbergian approach: The DIT and schema theory. Educational Psychology Review, 11,291-321.

Santrock, JW. 2003. Life Span Development Adolessence: Perkembangan Masa Remaja. Jakarta: Erlangga.

__________. 2007. Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.