ANALISIS DESKRIPTIF FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PROKRASTINASI PENYELESAIKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA STRATA SATU FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2001 DAN 2002
(1) Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
Abstract
Perilaku prokrastinasi penyelesaian skripsi nampaknya dilakukan oleh mahasiswa strata 1 FIP UNNES angkatan 2001 dan 2002. Fenomena ini tentunya harus segera diatasi mengingat efek buruk dari prokrastinasi yang tidak hanya dialami oleh pelaku sendiri, tapi juga jurusan dan pemerintah. Langkah pertama untuk mengatasi fenomena ini adalah menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya prokrastinasi. Melihat fenomena tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyabab prokrastinasi penyelesaian skripsi pada mahasiswa S1 FIP UNNES angkatan 2001 dan 2002. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan total sampling. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 63 orang. Pada saat pelaksanaan penelitian ternyata hanya terkumpul data dari 55 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala prokrastinasi penyelesaian skripsi. Analisis data dilakukan dengan persentase. Penelitian ini menemukan bahwa faktor eksternal lebih mempengaruhi perilaku prokrastinasi penyelesaian skripsi. Sub faktor yang paling menyebabkan perilaku prokrastinasi penyelesaian skripsi dari faktor eksternal adalah kontrol lingkungan rendah, disusul banyak tugas, kurang informasi tentang tugas, kurang tersedia alat, dan kemampuan yang dimiliki diragukan orang. Sedangkan, sub faktor dari faktor internal yang paling menyebabkan perilaku prokrastinasi adalah relaxted type, disusul learned helpleness, tense afraid type, pasif, locus of kontrol external. Berdasarkan simpulan di atas maka disarankan bagi mahasiswa berkepribadian tense afraid type untuk mengatasi ketakutan akan kegagalan dengan mengubah sudut pandang masalah. Mahasiswa dengan tipe pasif disarankan untuk lebih asertif. Mahasiswa berkepribadian relaxted type disarankan untuk mencari teman yang rajin melakukan bimbingan. Mahasiswa dengan leamed helpleness disarankan untuk mengamati gaya bimbingan dosen pembimbing. Mahasiswa dengan locus of control external disarankan mengubah persepsi akan hasil. Dosen pembimbing hendaknya mampu memberikan motivasi agar pengerjaan skripsi bisa menjadi pengalaman menarik. Jurusan disarankan agar mampu mengoptimalkan peran sebagai pengontrol yang baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineke Cipta
Bruno, 1998. Stop Procrastination: Pahami dan Hentilcan Kebiasaan Anda Menunda-Nunda Waktu (Terjemahan: AR. H. Sitanggang). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Bungin Burhan.200S. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Prenada Media.
Burka, and Lenora, 1988. Procrastination; Why you do it? What to do about it? Massachusetts: Persues Book
Ferrari, J.R. Johnson, J.L. & Mc.Crown, W.G. 1995. Procrastinasi dan task avoidance, Theory, Research and Treathment. New York: Plenum Press
Green. 1995. Minority Student Self-Kontrol of Procrastination. Journal of College Student Development. Nomor 36 (361-367). University of Oregon. www.oregon.edu.pdf. Diunduh 1 Juli 2007
Green, Tuckman. 2002. Procrastination Across Variabels. http//:www.mwsc.edu/psychology/research/psy302/fall96/stephanipage.htm. Diunduh 1 Juli 2007
Rachmahana, 2001. Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Psikodimensia: Kajian Ilmiah Psikologi. Vol. 2, Nomor 3 (132-147)
Rakhmat, 2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya Offset
Rizvi, A. Prawitasari, J.E. Soetjipto, H.P. 1997. Pusat Kendali dan Efikasi Diri sebagai Prediktor terhadap Prokrastinasi Akademik
Tucker-Ladd, 2001 : Procrastination. www.mentalhealth.net. Diunduh 1 Juli 2007. Mahasiswa. Psikologika Nomor 3 tahun II.
Sapadin, Maguire Linda. 1996. 1t's About Time: The Six Styles of Procrastination and How to Overcome Them. United States of America: Bodoni Book.
Suhapti, R. dan Wimbarti, S. 1999. Kajian Pelaksanaan Penulisan Skripsi di Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.
Solomon, L.J & Rothblum, E.D. 1984. Academic Procrastination: Frecuency and Cognitive-Behavior Correlates. Journal of Counseling Psychology Vol. 31.
Tuckman, Lead B.W. 2002. APA Symposium Paper: Chicago 2002. Academic Procrastination; Their Rationalization and Web-Course Performance.
http://www.all.successcenter-ohio-State.edu/references/prokrastinator APA___paper.htm. Diunduh 1 Juli 2007.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.